Penyebab Influenza dan Cara Mencegahnya

Penyebab flu

Penyebab flu karena daya tahan tubuh kita yang lemah terhadap serangan virus influenza. Biasanya influenza terjangkit ketika daya tahan tubuh kurang baik. Manusia secara alamiah akan melemah di waktu musim hujan, dimana matahari tidak bersinar setiap hari. Sinar matahari yang tiba-tiba berkurang menjadi penyebab influenza karena daya tahan tubuh tidak seimbang. Mengapa kurangnya sinar matahari menyebabkan daya tahan tubuh lemah? 

Sinar matahari merupakan sumber dari Vitamin D, sering disebut juga sebagai “Sunshine Vitamin”. Kegunaan vitamin D dalam kehidupan manusia sangat besar, diantaranya adalah menjaga daya tahan tubuh optimal, membantu pembentukan tulang yang kuat, mencegah penyakit berbahaya, dan lain sebagainya. Berkurangnya sinar matahari di musim hujan memberikan efek yang kurang menguntungkan tubuh karena kandungan vitamin D dalam tubuhpun berkurang.

Selama ini kita hanya mengetahui bahwa vitamin C membantu mencegah flu dan meringankan gejala Flu. Memang benar bahwa vitamin C dapat meningkatkan daya tahan tubuh, namun Vitamin D merupakan nutrisi yang lebih berkhasiat meningkatkan sistem daya tahan tubuh secara alamiah. Jadi itulah sebabnya mengapa saat musim hujan maka penyakit flu pun berdatangan.

Cara terbaik mencegah dan mempercepat penyembuhan bila anda terserang flu adalah dengan meningkatkan daya tahan tubuh anda (immune system) dimana daya tahan tubuh sendirilah yang akan melawan virus flu tersebut sampai tuntas. Tips – tips mencegah dan mempercepat penyembuhan flu diantaranya:
  • Berjemur 10-20 menit di pagi hari (sebelum jam 10 pagi).
  • Bilamana tidak ada matahari, seperti di musim hujan, mengkonsumsi suplemen Vitamin D alamiah. (Untuk anak-anak bisa dengan dosis 400 IU, untuk dewasa 2.000 IU sampai 5.000 IU)
  • Konsumsi sayuran dan buah-buahan segar, sebaiknya sayur tidak dimasak (dibuat salad) untuk mendapatkan enzimnya yang sangat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh (Karena setelah dimasak, biasanya enzim2 penting yang terdapat dalam sayuran sudah hampir hilang semua).
  • Istirahat selama 7 jam sehari.
  • Kelola tingkat stress anda, semakin anda stress, semakin lemah daya tahan tubuh anda.
  • Olahraga teratur.
  • Kurangi asupan gula dan karbohidrat, dan ganti dengan asupan protein, seperti sup ayam hangat, yang kaya akan nutrisi asam amino cysteine, sangat bermanfaat untuk meringankan hidung tersumbat dan mengurangi produksi lendir karena flu.
  • Hindari pemakaian obat-obat kimiawi dan antibiotik.
  • Hindari penyuntikan vaksin flu supaya virus flu dalam tubuh tidak bertambah kuat.
  • Bilamana gejala flu sudah sangat parah, seperti demam diatas 38.9 derajat Celcius, segera hubungi dokter untuk mendapatkan perawatan medis yang dibutuhkan.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama