Antara Facebook vs Twitter Lebih Bagus Mana


Di dunia internet menanggapi banyaknya jejaring sosial yang bisa menjadi media penghubung lintas batas.Dua sosial media populer di Indonesia adalah Facebook dan Twitter, keduanya sama-sama social network tapi beda model. Lalu antara facebook vs twitter lebih bagus mana? jika suatu ketika ada adu pendapat antara penguna facebook dengan pengguna twitter.

Facebook
Facebook lebih dahulu muncul dan kemudian mengalahkan pesain sebelumnya Friendster. Sebagai Sosial Media yang lebih update banyak fitur menarik yang diberikan.

Kelebihan facebook daripada twitter
Terdapat fasilitas online chatting, messaging, dan pengaturan profile lengkap dengan foto, Face Book juga memberikan sarana entertainment. Dalam FaceBook Anda bisa dengan mudah membagikan video atau link tertentu. Dan yang lebih asyik, Anda juga bisa join dengan beberapa grup seperti grup pecinta alam, penggemar music/grup band tertentu, penggemar film yang sama, dan lain sebagainya.

Bagi remaja, fitur game FaceBook online juga sangat menarik karena ringan, tidak perlu di instal, dan grafiknya pun memadai. Hal menyenangkan lainnya adalah Anda bisa membuat album sebanyak mungkin yang Anda suka dan fitur ini tidak akan Anda temui di Twitter.

Kelemahan facebook banyaknya duplikat fb palsu, misalkan fb artis ada banyak klonengan. Selain  itu identitas dan foto mudah di palsu, sehingga fb bisa saja jadi media penipuan.

Twitter
Twitter sebenarnya merupakan jejaring social yang menitikberatkan pada penggunaan time lines and quick update news feed. Sehingga di sini Anda hanya bisa saling mengupdate status dan membaut komentar dengan cara me-reply (RT).

Jadi akan seperti SMS online yang di buat public, dimana orang bisa melihat dengan mudah. Twitter lebih cocok bagi mereka yang sudah melihat update keadaan dan berita terbaru.

Kelebihan  twitter daripada Facebook
Twitter sendiri lebih bersifat informative dan pribadi. Orang berpikir bahwa Twitter itu nggak jauh beda dengan SMS yang di online kan dan di publish sehingga banyak yang bisa melihat. Namun demikian, Twitter dari beberapa produk, brands, perusahaan, surat kabar, dan acara tertentu memang memberikan informasi singkat yang mudha di baca. Twitter sangat cocok digunakan untuk saling memberikan informasi dengan jelas dan singkat.

Kelemahan twitter adalah model follower, sehingga akan terlihat eksis jika twitter kita banyak yang  followee, sehingga sangat cocok untuk kalangan artis populer. Nah, jika twitter kita yang memfollow hanya segelintir saja, ya sudah tinggalkan twitter

Survey menyatakan mayoritas orang Indonesia lebih senang dengan FaceBook dan akun FaceBook mereka aktif jauh lebih lama dibandingkan dengan akun Twitter. Hal ini terjadi karena banyaknya fitur yang dimiliki FaceBook dan selalu banyak hal baru yang bisa diminati.

Facebook masih lebih baik dari segi
  • Dapat membagi foto ke 50 teman lintas dunia dengan hanya nge tag
  • Membuat grup tertutup atau terbuka sehingga menjadi tempat sharing 

9 Komentar

  1. setuju facebook lebih merakyat twitter kebanyakan orangnya sombong'' belagu...sok artis fakta !!!
    kalo fb semua kalangan ada tanpa pandang bulu fakta !!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, fb tu gampang nyari tmn. Kl twitter susah nyari tmn.
      Aku sering nge tweet jrng ada yg RT / mention
      maka nx sama aku twitterku di deactivate, males sih tweet mulu

      Hapus
    2. setuju gan ane benci banget titit eh twiter

      Hapus
  2. Fb is the best
    Twitter is the bad

    BalasHapus
  3. tapi kalau menurut saya sekarang twitter yg lbh maju bang, soalnya fb skrng ngikut2 twitter dimulai dari hartagnya #
    hee

    BalasHapus
  4. lebih bagus twitter kalau menurut saya :)

    BalasHapus
  5. yo ena'an FB to kang,,kang..
    FB merakyat,,,
    klw Titit,eh sorry mksud nya twitter,bner kt kang Anom tdi, sok artis smua,,,

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama