Penyebab Ketombe pada Rambut



Penyebab ketombe pada rambut bisa terjadi dari kebiasaan merawat rambut yang kurang tepat. Pada dasarnya secara biologis ketombe disebabkan bakteri, minyak dan kotoran pada kulit rambut. Ketombe dan rasa gatal menjadi satu dikepala. Ketombe bukan penyakit berbahaya, tapi banyak orang kerap terganggu dengan masalah rambut yang satu ini.

Penyebab ketombe secara biologis:
Disebabkan jamur sangat kecil atau dikenal Malassezia
Bakteri ini sebenarnya hidup di setiap kulit kepala. Makanan dari bakteri ini adalah minyak dan kulit kepala yang telah mati. Sebenarnya, minyak dan kulit kepala yang telah mati ini akan hilang saat Anda keramas. Tetapi, pada beberapa kondisi, bakteri tersebut tumbuh secara berlebihan.
Bakteri tersebut membuat kulit kepala Anda menjadi iritasi. Rasanya menjadi sangat gatal, bahkan kulit kepala menjadi merah.

Genetis
Jika ayah atau ibu Anda juga berketombe, maka Anda juga rentan terkena ketombe.

kulit kepala berminyak
Kondisi kulit kepala yang berminyak akan memicu pertumbuhan ketombe. Bakteri Malassezia sangat menyukai kulit kepala yang berminyak.

Temperatur panas
Saat berada di tempat yang panas kulit kepala Anda akan cenderung berkeringat dan berminyak. Hal itu bisa memicu tumbuhnya ketombe

Stres dan ketidakseimbangan hormon
Faktor psikologis biasanya akan berpengaruh pada produksi hormon. Ketidakseimbangan hormon inilah yang menyebabkan produksi minyak berlebih di kulit kepala dan bisa menimbulkan ketombe.

Kebiasaan yang salah penyebab ketombe

Malas keramas akan menyebabkan kulit kepala dan rambut yang kotor menyatu dengan minyak yang  menjadi makanan bakteri.

Sering menggaruk-garuk kepala bisa memicu iritasi di kulit kepala dan bisa menjadi berkembangnya bekteri, sehingga kulit kepala semakin gatal

Untuk menatasi rambut berketombe silahkan baca artikel cara menanggulangi rambut berketombe.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama