Menu Makanan Pilihan untuk Penderita Diabetes

Jadi ada makanan untuk penderita diabetes harus tahu makanan yang dihindari  dan makanan yang baik dikonsumsi. Memilih menu makan sangat penting bagi penderita diabetes yang baik haruslah diatur dengan pola makan khusus. Yang sering menjadi masalah adalah tidak tahu jenis makanan apa yang baik atau buruk dikonsumsi penderita diabetes. Pola makan adalah syarat wajib penderita diabetes.

Bayangkan jika anda hanya fokus pada jenis makanan yang harus dihindari, sehingga kurang tahu apa yang baik dikonsumsi, tenttu saja tubuh kekurangan gizi, padahal tubuhnya sakit. 

5 Makanan Pantangan Bagi Penderita Diabetes

1. Mie dan Pasta
Sebagian besar pasta dan mie memiliki indeks glikemik tinggi. Artinya pasta dan mie dibuat dengan olahan karbohidrat sederhana seperti gandum atau tepung beras. Konsumsi karbohidrat tinggi bisa meningkatkan kadar gula dalam darah.

2. Nasi
Kurangi konsumsi nasi putih karena kandungan karbohidratnya sangat tinggi. Anda bisa menggantinya, dengan nasi yang berasal dari beras merah maupun beras coklat.

3. Kafein
Beberapa penelitian, salah satunya yang berjudul “Diabetes Care” ditulis oleh Hudson Lee dan Kilpatrick pada 2005 menunjukkan kafein memiliki dampak negatif pada penderita diabetes. Untuk itu, akan lebih jika Anda mengurangi minuman yang mengandung kafein.

4. Kentang
Kandungan karbohidrat pada kentang yang tinggi, membuat indeks glikemiknya juga tinggi. Untuk itu, kurangi konsumsi kentang, baik yang dipanggang, direbus maupun digoreng.

5. Roti putih
Kurangi konsumsi roti yang terbuat dari tepung putih. Lebih baik pilih roti yang terbuat dari tepung gandum. Selain memiliki banyak serat juga baik untuk jantung Anda.

5 Jenis makanan sehat penderita diabetes

1. Kacang
Kacang mengandung serat yang tinggi yang dapat membantu Anda merasa kenyang, menstabilkan gula darah dan menurunkan kadar kolesterol. Penelitian menunjukkan bahwa kalsium dan mineral yang terkandung dalam kacang dapat membantu membakar lemak tubuh.
Lemak dalam kacang juga lebih sehat daripada lemak yang terdapat dalam daging merah, yang dapat menyumbat arteri dan dapat menyebabkan penyakit jantung.

2. Susu
Susu merupakan sumber terbaik kalsium dan vitamin D yang juga ampuh mencegah diabetes. Sebuah studi menyatakan bahwa wanita yang mengonsumsi lebih dari 1.200 mg kalsium dan lebih dari 800 IU vitamin D dalam sehari mengalami penurunan risiko diabetes hingga 33 persen.
Anda juga dapat mendapatkan manfaat dari produk susu yang lain seperti yogurt dan keju rendah lemak.

3. Ikan salmon
Ikan salmon adalah sumber makanan yang kaya asam lemak omega-3, yaitu lemak sehat yang mengurangi risiko penyakit jantung, mengurangi peradangan, dan meningkatkan resistensi insulin.

4. Gandum
Gandum mengandung sejenis serat larut yang disebut dengan beta-glucan. Penelitian menunjukkan beta-glucan dapat menurunkan tingkat kolesterol jahat dalam tubuh. Selain itu, serat gandum juga dapat membantu menurunkan berat badan dan membantu menstabilkan gula darah.

5. Sayuran hijau
Sayuran hijau merupakan sumber yang serat dan folat yang baik bagi jantung Anda. Vitamin B dalam sayuran hijau juga menurunkan kadar homosistein, sebuah asam amino yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung jika berada pada kadar yang sangat tinggi. Jantung yang sehat menempatkan Anda pada risiko yang lebih rendah terhadap diabetes.

Sangat penting menjaga kesehatan sebelum terkena diabetes, kurangi karbohidart yang berlebih, banyak aktifitas, olahraga dan konsumsi sayur dan buah.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama