Kuliner Khas Solo, Nasi Liwet



Wiasata kuliner kota Solo, tak luput dari makanan dan jajanan khas Solo. Jika di jakarta ada kerak telor di Jogja Gudeng di Solo ada makanan khas Nasi Liwet. Satu makan besar favorit  orang Solo. Kuliner Solo, nasi liwet menjadi makanan khas di sana. Tidak lengkap rasanya berkunjung ke Solo tanpa mencicipi nikmatnya hidangan tradisional ini. Nasi liwet Wongso Lemu di Jalan Teuku Umar adalah penjual Nasi Liwet Solo yang paling populer.

Kuliner nasi liwet 

Nasinya yang hangat terasa pulen dan gurih karena sebelum dimasak dalam kukusan, beras dimasak setengah matang terlebih dahulu dengan santan. Berpadu dengan rasa manis dan pedas dari sayur labu siam, menghasilkan kombinasi rasa yang sangat luar biasa. Ditambah lagi lezatnya suwiran ayam pindang, jerohan ayam dan juga telur pindang. Areh (sari santan kental) yang dibubuhkan diatasnya adalah kunci utama yang memberikan kelezatan khas nasi liwet. Cara penyajian yang menggunakan pincuk daun pisang juga memberi aroma khas. Tak ketinggalan segelas wedang ronde yang akan menghangatkan malam Anda.

Penjual khas nasi liwet wanita tua Dalam balutan kebaya dan kain tradisional, dia tetap ramah meski sibuk melayani para pembeli. Tangannya terampil menata nasi dalam pincuk daun pisang, kemudian menambahkan sayur labu siam pedas, suwiran ayam kampung yang dimasak pindang, telur ayam pindang, jerohan ayam, irisan tahu kuning, dan tidak lupa bumbu spesial nasi liwet yaitu areh.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama