Menu Makanan Bayi Menginjak Umur 5-6 Bulan


Menu makanan bayi menginjak umur 5-6 bulan perlu diperhatikan, apalagi bagi orang tua baru mempunyai buah hati. Sejak umur  4-5 bulan bayi sudah  mulai bisa dikenalkan dengan makanan selain ASI. Mulai mengenalkan makanan bayi supaya nantinya tidak alergi terhadap makanan selain ASI atau susu formula.

Menu makanan untuk bayi

_ ASI (wajib) atau ditambah susu formula 

- Bubur sereal beras atau bubur tepung beras

- Dilanjutkan dengan sereal biji-bijan lainnya

- Bila sudah terlihat bisa makan, bisa ditambah bubur sayuran (misal: ubi manis, labu-labuan) atau bubur buah-buahan (misal: pisang, apel, pear, alpukat)

Cara memberikan makanan selain ASI pada bayi

-  Mulai dari bubur tepung beras yang sangat encer satu hari sekali, kira-kira sebanyak 1/2 sendok makan pada percobaan pertama. Mengapa beras? Beras memiliki resiko alergi yang rendah.

- Jika bayi sudah mulai terbiasa makan, bisa ditambah porsinya atau ditambah kekentalan buburnya.

- Bisa menambahkan menu baru kepada bayi. Satu rasa setiap kali menambah, jangan dicampur. Tunggu 4 hari untuk memperkenalkan makanan baru kepada anak, agar terlihat apakah bayi memiliki reaksi alergi terhadap makanan itu.

- Beberapa orang menyarankan untuk memberikan sayuran terlebih dahulu sebelum diberikan buah-buahan, sehingga bayi tidak lebih lebih dahulu kenal manisnya buah.

0 Response to "Menu Makanan Bayi Menginjak Umur 5-6 Bulan"

Posting Komentar