Apa Penyebab Batu Ginjal

Batu ginjal sering dialami para pria masa kini, penyebab batu ginjal yang tidak disadari menjadikan lupa penyakit ini. Mengetahui apa sebab-sebab terjadinya batu ginjal untuk mencegah agar tidak terjadi nantinya. Penyembuhan penyakit batu ginjal bukanlah yang hal mudah,  oleh sebab itu  mari kita pelajari  penyebab batu ginjal supaya bisa menanggulangi lebih dini.

Perlu diketahui bahwa terbentuknya batu ginjal disebabkan oleh adanya pengurangan atau kurangnya volume pada urine atau kelebihan unsur senyawa yang membentuk batu dalam kandung kemih atau saluran urine. Batu ginjal mengandung susunan senyawa alami yang mengandung kalsium yang terdiri dari oxalate atau phosphate (fosfat) dan senyawa kimia lainnya yang mendukung pembentukan dari batu ginjal yang berada pada saluran kencing seperti asam urat (uric acid) dan amino acid cystine.

Beberapa penyebab terjadinya batu ginjal

1. Kekurangan minum  air putih murni
Kekurangan cairan dalam tubuh yang disebabkan kurangnya konsumsi air putih dalam tubuh sehingga mempercepat pembentukan batu ginjal yang semakin meningkatkan resiko. Batu ginjal yang terbentuk akibat adanya infeksi di saluran kencing ini disebut dengan batu struvite atau batu infeksi.

2. Kadar kalsium yang tinggi  
Dalam kondisi ini, disebabkan karena banyaknya kalsium yang diserap dari berbagai sumber makanan yang kemudian masuk ke dalam urine dan membentuk batu-batu kaslium fosfat atau kalsium oksalat.

3. Tekanan darah tinggi
Penyakit-penyakit ginjal seperti renal tubular acidosis dan penyakit-penyakit kronis seperti diabetes dan tekanan darah tinggi (hipertensi) juga berhubungan dengan peningkatan risiko mengembangkan batu-batu ginjal.

4. Obat-obatan berlebihan
Efek samping dari konsumsi obat-obatan kimia secara terus-menerus juga dapat meningkatan resiko pada batu ginjal. Jenis obat-obatam yang memiliki resiko pada batu ginjal seperti diuretics, antacid yang mengandung kalsium, dan protease inhibitor Crixivan (indinavir), obat yang digunakan untuk merawat infeksi HIV.

5. Soft Drink
Bisa jadi terlalu sering mengkonsumsi soft drink akan menjadi pemicu menumpuknya garam dan mineral dalam ginjal. Minuman bersoda juga menjadi faktor penyebab terbentuknya batu ginjal.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama