5 Jenis Minyak Goreng Kurang Sehat

Banyak kabar tentang kolesterol disebabkan oleh minyak goreng. Lalu apakah benar pernytaan bahwa minyak goreng tidak baik untuk kesehatan. Karena bagaimanapun juga kita hidup sulit lepas dari penggunaan minyak goreng. Berikut ini ulasan tentang 5 jenis minyak goreng kurang sehat

1. Minyak sawit
Jenis minyak ini paling umum digunakan di Indonesia. Masalahnya, minyak ini mengandung 30 persen lemak jenuh yang sangat berbahaya bagi kesehatan jantung.

2. Minyak sawit kernel
Minyak sawit kernel juga dikenal sebagai minyak inti sawit. Hati-hati, proses produksi sering kali meningkatkan jumlah lemak jenuh dari 80-85 persen.

3. Minyak kelapa
Minyak jenis ini sangat kaya akan kolesterol dan lemak. Konsentrasi lemak jenuhnya hingga di atas 17 persen. Perlu diperhatikan. Konsumsi minyak kelapa berlebihan dapat menyebabkan penyumbatan di arteri.

4. Minyak jagung
Dulu, minyak jagung sering diklaim sebagai minyak goreng sehat. Meski minyak jagung memiliki sedikit lemak jenuh dan asam lemak omega-3, itu tetap bukan pilihan sehat untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan minyak jagung mengandung terlalu banyak asam lemak terkonsentrasi yang mengarah ke peradangan jantung.

5. Minyak terhidrogenasi
Sebaiknya, jauhi minyak yang berlabel sebagian komponennya terhidrogenasi. Beberapa merek komersil menjual jenis minyak terhidrogenasi yang kaya lemak jenuh. Pemakaian secara teratur bisa menyebabkan penyumbatan pembuluh darah.

Minyak goreng memang bukan pilihan tepat untuk hidup sehat. Jadi, sebaiknya kurangi pemakaian minyak saat memasak. Cintai jantungmu!

0 Response to "5 Jenis Minyak Goreng Kurang Sehat"

Posting Komentar