Cara Mudah Test Speed Internet

Test kecepatan koneksi internet menjadi tolak ukur donwload dan upload bandwidth / kecepatan untuk koneksi broadband, dengan cara mengetahui kecepatan internet. Test speed internet ini sudah dapat membantu secara cepat troubleshoot umumnya pada masalah koneksi dengan konfigurasi jaringan, download, uploud yang menandakan speed internet jaringan atau modem dengan provider yang berbeda. Mungkin banyak belum tahu bagaimana cara mudah test speed internet.

Hal pertama yang perlu disepakai dalam menentukan kecepatan akses internet adalah ukuran baku dalam menentukan besaran badwidth yang disewa. Ukuran umum untuk menentukan bandwidth adalah bps (bit per second) bukan byte per second. Misalnya kita berlangganan 512 kbps (baca 512 kilo bit per second).  Nilai 1 Bype = 8 bit, sehingga 512 kbps =  64 kBps. Sehingga dengan besar bandwidth yang disewa sebesar itu kecepatan koneksi internet yang kita peroleh dalam melakukan download adalah 64KBps.
Hal yang kedua adalah berapa besar bandwidth yang disewa dari provider dan paket apa yang disewa. Ini juga akan mempengaruhi hasil pengukuran kecepatan akses internet. 

1. Tes speed Test dari server penyedia tool untuk bandwidt testing
Pengukuran melalui speedtest.net bisa memilih tujuan server untuk melakukan tes kecepatan bandwidth Hasilnya berupa nilai kecepatan upload dan download, seperti gambar yang saya coba test ke server di USA. Mengukur kecepatan akses internet dengan cara ini juga cukup bagus.

2. Menggunakan Software-software pengukur Kecepatan.
Banyak software yang bisa dipakai untuk mengukur kecepatan akses internet,contohny adalah:
- DU Meter, berbayar tetapi bisa mencoba versi trial.

3. Dengan Tool tester yang disediakan oleh provider internet atau Volunter 
Ada banyak penyedia Internet Speed test server selain no 2 diatas, baik di dalam maupun diluar Indonesia. Mengukur kecepatan akses internet dari server-server ini menunjukkan kualitas link dari tempat anda ke Server tersebut. Bila kita berlangganan speedy dan melakukan tes bandwidth ke server speedy bisa jadi hasilnya akan berbeda dengan mengukur kecepatan akses internet di server lain.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama