Menu Bekal Sekolah Anak


Menu bekal sekolah

Sudah seharusnya seorang ibu tahu menu bekal sekolah anak. Membiasakan anak membawa bekal makan ke sekolah akan lebih baik untuk kesehatan supaya anak tidak banyak jajan. Itulah sebabnya guru di sekolah di sekali waktu mewajibkan murid membawa bekal makan dari rumah. Biasanya diberikan ketika anak-anak TK atau kelas 1-3 SD, untuk menjaga kesehatan dari produk jajanan. 

Tips sebelum membawakan bekal anak:

1.Tanyakan pada anak sehari sebelumnya, bekal apa yang ingin mereka bawa besok. Sebaiknya diberikan pilihan saja, termasuk cara penyajian yang seperti apa yang mereka inginkan (tentu saja dengan mempertimbangkan bahan makanan yang kita miliki di rumah)

2. Tempat untuk bekal anak masing-masing punya 2 buah, demikian juga dengan tempat air minumnya. Hal ini untuk mengatasi siapa tahu anda lupa mengeluarkan tempat bekal dari tas sekolah sesampainya mereka di rumah. (kalo saya sering banget lupa, baru nyadar pas pagi-pagi, gawat)

3. Selalu sediakan bahan makanan seperti telur ayam/puyuh, mie (kalo bisa jangan mie instan), roti tawar, biskuit, bakso, udang, kentang, tepung untuk goreng. Kalo bisa sih hindari sosis atau nuget
Wajib tersedia : mentega, berbagai macam selai (kalau bisa beli yang kemasannya pake plastik, dan simpan dalam satu wadah khusus untuk berbagai selai ini), buttercream, keju parut, keju lembaran, kismis, meisis berbagai warna, permen coklat warna-warni ukuran kecil2.

Contoh menu bekal favorit anak

# Nasi putih cetak + telur ceplok/dadar + keju, disajikan dengan cara yang dipilih mereka. Kadang nasi dicetak lingkaran, telur juga dicetak segitiga dan dijadikan topi. Menu ini bisa dipilih mereka 2 minggu berturut-turut loh…cuman penyajiannya yang beda-beda. Biasanya dicetak bentuk2 geometris, agar mereka juga sambil belajar mengenal bentuk geometris

# Roti tawar + selai pilihan, disajikan seperti keinginan mereka. Biasanya mereka menyesuaikan dengan tema yang ada di sekolah. Saya selalu memilih selai dalam kemasan plastik dan ujungnya digunting sedikit sekali, jadi kalau ujung lainnya ditekan bisa untuk menggambarkan bentuk tertentu, seperti bunga, balon, ikan, planet, Ka’bah,dll. Hasil buatan saya ini sebenarnya tidak sebagus buatan ayah Yudi, namun mereka cukup menghargai kemampuan mamanya yang pas-pasan dalam menggambar…

# Roti tawar + meisis warna, biasanya mereka minta roti diolesin mentega dan kita membentuk gambar dengan meisis warna. Misal gambar rumah, atapnya pake meisis coklat, pintunya hijau, dindingnya orange, pernah juga gambar balon warna-warni, gambar badut,dsb.

# Kalo kesiangan….menu andalan telur puyuh goreng (diceplok…jadi telur ceplok kecil-kecil) atau telur ayam ceplok+nasi atau roti sobek-nya Sari Roti yang beli di abang2 lewat”

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama