Apakah Main Game Bisa Membatalkan Puasa?

Bagi remaja terutama laki-laki, main game pada saat puasa tentu saja sangat menyenangkan, menjadikan puasa terasa lebih ringan, waktu terasa cepat. Lalu pertanyaanya, apakah main game bisa membatalkan puasa? Beberapa orang mengangap kegiatan main  bahwa main game di saat puasa dapat membatalakan puasa. Menurut saya itu tidak benar, tetapi jika main game dapat menghilangkan pahala atau nilai puasa, mungkin ada benarnya.

Puasa bagi umat Islam yang sudah baligh adalah wajib hukumnya. Dan hal-hal yang membatalkan puasa sudah dijelaskan di dalam Al Qur'an yaitu; makan, minum, bersetubuh, keluar darah haid. Tapi ada yang dapat menghilangkan pahala puasa tetapi  tidak memabatalkan puasa, hal-hal itu adalah semua kegiatan buruk dan maksiat yang bernilai dosa. Jika game adalah sesuatu hal yang dosa tentu saja akan menghilngkan pahala puasa, tetapi tidak membatalkan puasa.

Lalu bagaimana hubungan main game dan ibadah puasa? Jujur saya sangat hobi main game, tetap main di saat puasa sekalipun. Tapi dengan melihat siatuasi dan waktu. Apakah keadaan benar-benar longgar, tidak ada kewajiban yang lain yang harus dikerjakan. Yang artinya kegiatan game kita bukan hal yang membuang-buang waktu, sehingga waktu itu menjadi sia-sia.

Yang bahaya dari game di saat puasa adalah rasa emosional yang kapan saja bisa muncul. Jika emosi muncul, pasti timbul rasa kesal memicu umpatan kata-kata kotor, nah... hal inilah yang mungkin akan merusak pahala atau nilai dari puasa itu.

Tapi jangan mencela game adalah hal yang buruk di saat puasa. Karena siapapun seharusnya tahu bahwa menjaga pahala puasa itu tidak mudah. Tidak main game sekalipun, jikalau kita marah-marah, berbicara kotor, mengolok-olok orang lain, atau melihat kemaksiatan. Sama saja akan menghilangkan pahala dan nilai puasa.

Yang terpenting kita tahu bagaimana cara menjalankan ibadah puasa dengan niat yang sungguh -sungguh, berusaha menjauhi perbuatan dosa, dan bisa menghargai keputusan orang lain yang tidak sepaham.
Main game di saat puasa ? it's okeyyy, no flaming, boff, apso fun aja...

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama