Olahraga Malam Hari Baik atau Tidak

Olahraga di malam hari pada kenyataanya lebih banyak dilakukan karena berbagai alasan tidak bisa melakukan di siang hari. Efek buruk olahraga di malam  hari terhadap kesehatan banyak yang mengkhawatirkan. Hampir setiap orang jika ditanya kapan waktu olahraga yang baik, hampir 90% menjawab di pagi hari atau sore hari, tapi coba lihat faktanya tentang olahraga malam hari baik atau tidak?

Fakta olahraga di waktu malam hari

  • pertandingan sepak bola dilaksanakan pukul 19.00 - 22.00
  • batminton sering dilakukan di malam hari
  • latihan fitness lebih suka diwaktu sore hingga malam
  • pencak silat biasa latihan pada malam minggu atau minggu pagi
  • trend futsal di malam hari menghindari udara panas 
Mengapa orang-orang banyak yang melakukan di waktu malam? biasanya di waktu siangnya mereka harus bekerja atau sekolah, sehingga waktu luangnya ketika malam. Alasana lain di siang hari terlalu panas untuk latihan.

Apa dampak olahraga malam terhadap kesehatan?

Bagi umumnya orang, jam malam adalah waktu untuk istirahat untuk tubuh memperbaiki sel-sel yang rusak pada saat aktifitas di siang hari. Latihan yang berlebihan dan dilakukan saat larut malam bisa mengganggu regenerasi sel tubuh. Kadar oksigen yang menipis di malam hari kurang bagus untuk sirkulasi pernafasan.

Sebaiknya jika memang terbiasa dan lebih nyaman latihan di malam hari, sebaiknya diataur jamnya. Latihan harus diatur, jam olahraga jangan terlalu dekat dengan jam tidur, minimal 1-2 jam sebelum tidur," tutur Dr Michael. Bila olahraga dilakukan terlalu dekat dengan jam tidur akan menyebabkan siklus tubuh terganggu. Hal ini karena tubuh masih melakukan pembakaran meski olahraga sudah berlalu.

Dari fakta dan pernyataan tersebut melakukan latihan di waktu malam tidaklah buruk, artinya tetap baik seperti melakukan di siang hari. Intinya tetap memperhatikan jam istirahat, supaya tubuh punya cukup waktu untuk regenerasi sel dan organ. Bagi yang suka  futsal di malam hari, ketahui efek futsal di malam hari 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama