Pola Makan yang Baik untuk Penderita Diabetes

Bagi penderita diabetes atau penyakit kencing manis, mengatur pola makan menjadi hal penting yang harus diperhatikan dan dilaksanakan. Mulai deri jenis makanan, jadwal dan jumlah kalori untuk mengatur gula darah selama pengobatan. Jika anda didiagnosa diabetes, jangan kawatir, karena Sebagian besar penderita diabetes tetap hidup sehat dan normal dengan menjalankan pola hidup sehat secara konsisten. Bahkan banyak yang berhasil sembuh tanpa mengkonsumsi obat-obatan. Berikut ini pola makan yang baik untuk penderita diabetes

3 hal yang harus diatur adalah:

1. Jenis makanan
Pemilihan jenis makanan bagi penderita penyakit diabetes ini berkaitan dengan naik turunnya kadar gula darah. Karena asupan gula ke dalam tubuh berasal dari makanan yang dikonsumsi. Indeks glikemik adalah angka yang menunjukkan kecepatan makanan dalam meningkatkan/menaikkan kadar gula dalam darah. Semakin tinggi indeks glikemik maka kenaikan gula darah setelah mengkonsumsi makanan semakin cepat.

Hindari jenis makanan instan yang manis berkalori tinggi seperti kue, coklat, minuman ringan, es krim, kafein, soda, snack ringan dsb

makanan  nasi, mie, singkong bisa dikonsumsi dalam jumlah yang diatur. Nasi merah lebih baik, jagung, ketela, kentang sebagai pengganti makan nasi.

2. Jumlah makanan
Bagi penderita diabetes jenis makanan boleh sama dengan orang biasa, namun jumlahnya harus dikurangi. Harus pandai-pandai menghitung jumlah kalori.

Makanlah 1/2 atau 1/3 porsi nasi lauk sayur dan ikan  + susu tanpa gula
snack contohnya roti gandum atau snack rendah kalori porsi sedikit saja

3. Jadwal makan
- Makan besar I (Sarapan pagi) : pukul 07.00
- Makan ringan I (Snack) : pukul 10.00
- Makan besar II (Makan siang) : pukul 13.00
- Makan ringan II (Snack) : pukul 16.00
- Makan besar III (Makan malam) : pukul 19.00
- Makan ringan III (Snack) : pukul 22.00

Jadwal makan ini harus benar-benar dipatuhi oleh penderita diabetes. Jika terjadi keterlambatan atau makan tidak teratur maka dikhawatirkan terjadi hipoglikemia (penurunan kadar gula darah). Gejala hipoglikemia ini ditandai oleh timbulnya pusing, mual dan pingsan pada penderita diabetes.

Berikut ini menu makan pilihan untuk diabetes

0 Response to "Pola Makan yang Baik untuk Penderita Diabetes "

Posting Komentar