Pola Hidup Sehat Mencegah Diabetes

Sehat Mencegah Diabetes
Diabetes merupakan penyakit berbahaya yang paling mudah menyerang masyarakat saat ini. Diabetes atau biasa juga disebut kencing manis seharusnya diwaspadai. Penyebab utama adalah kadar gura glukosa dari kalori yang berlebih di dalam tubuh. Pola hidup sehat mencegah diabetes dilakukan sedini mungkin, dimulai sejak kecil. Melihat pola makan orang sekarang mulai dari anak kecil dan remaja sudah biasa dan suka mengkonsumsi makanan berkadar gula tinggi.

Bagaimana pola hidup sehat untuk mencegah diabetes?

Diet, melakukan diet bukan selalu bertujuan untuk menurunkan berat badan saja. Diet dalam bahasa Indonesia artinya adalah pola makan. Atur pola makan sesuai dengan aktifitas dan kebutuhan kalori, metabolisme energi berbeda-beda setiap orang, semakin berat kerja maka semakin banyak energi yang dibutuhkan, begitu juga sebaliknya.

Para pekerja berat fisik jarang terkena diabetes, mereka tidak perlu mengatur pola makan, kalorinya selalu terpakai untuk bekerja seharian. Sebaliknya orang yang pekerjaanya tidak banyak menggunakan fisik sejenis kerja kantoran, sering kelebihan jumlah asupan kalori tiap harinya. Mereka harus mengurangi asupan energi mengatur pola makan sesuai gaya diet masing-masing.

Olahraga, siapapun orangnya olahraga adalah kegiatan sangat bagus yang baik bagi tubuh dan organ-organ tubuh lain seperti jantung dan paru-paru. Ingat, untuk mencegah diabetes olahraga adalah cara kedua, yang pertama tetap diet atau mengatur pola makan. Pasalnya banyak orang lebih suka tetap makan banyak dan malakukan olahraga dengan anggapan saat olahraga sudah banyak membakar kalori, ini salah besar. Berapa lama olahraga 2,3 atau 4 jam tidak akan lebih dari itu, kebanykan cuma 20 menit sampai satu jam saja.

Olahraga menjadikan kerja jantung yang sehat, memperbaiki fungsi hormon, sirkulasi oksigen lebih cepat peredaran darah lancar fungsi insulin lebih baik. Terserah anda suka olahraga yang mana; joging, futsal, badminton,  renang, fitnes, boxing dsb. Intinya semakin olahraga menghasilkan banyak keringat akan semakin bagus.

Siapa yang rentan terkena diabetes?
Penyakit kencing manis tergolong penyakit keturunan, namun bukan faktor utama, hanya menjadi lebih rentan sehingga patut waspada. Orang dengan kebiasaan makan berkadar gula dan karbohidrat tinggi yang paling rentan. Kebiasaan banyak minuman manis dan makan berlebih tanpa diimbangi aktifitas gerak yang seimbang. Apa saja penyebab dan gejala kencing manis 

0 Response to "Pola Hidup Sehat Mencegah Diabetes"

Posting Komentar