Ttips Memilih Raket Badminton yang Bagus

memilih raket badminton yang bagus
Memilih raket badminton yang bagus tentunya harus tahu ciri-ciri atau kriteria bahan dan bentuk yang bagus dari raket bulu tangkis. Biasanya semakin mahal harga akan semakin bagus, tapi banyak juga raket murahan yang bentuk luarnya bagus ternyata kualitas rendah. Yang perludi pertimbangkan adalah bahan raket, ringan supaya tidak mudah rusak. Terutama untuk pemula yang baru mencintai olahraga badminton ini tips memilih raket badminton yang bagus sebelum anda membelinya.

Tipe raket berdasar gaya permainan

Untuk Type Penyerang atau ralet smash raket dipilih yangg agak berat yaitu jenis 3U atau 2U dengan titik keseimbangan 285-300(head heavy) dan fleksibilitas raket Extra Stiff atau Stiff. Misal: Yonex Ti 10, Apacs Lethal 50, SOTX Woven

Untuk Type Bertahan dan Kontrol bisa di pakai raket yg tidak begitu berat yaitu jenis 4U atau 3U dengan titik keseimbangan head light(270-285) dan fleksibilitas raket medium atau Flexibel 

Untuk Type Balance yang seimbang antara bertahan dan menyerang bisa dipilih Raket jenis 3U, Titik keseimbangan 275-285 dan Fleksibiltas Medium Flex.

Berat Raket
Raket bulutangkis atau badminton sejatinya dibagi dalam beberapa ukuran berat yang ditandai dengan kode U. Terdapat 5 jenis U dimana semakin tinggi nilai U raket tersebut maka akan semakin ringan. Semakin rendah nilai U suatu raket maka semakin berat. Berat rata-rata raket sendiri adalah antara 83-100 gr. Pada umumnya raket yang dijual dipasaran adalah 3U (85-89 Gr) atau 2U (90-94 Gr)

Ukuran grip sesuai tangan
Pastikan tangan anda cocok di sekitar pegangan raket pilihan anda dengan sempurna, dengan mencoba dahulu sebelum anda melakukan pembelian. Cobalah ukuran grip yang berbeda dari raket yang sama. Jika ragu, lakukan untuk ukuran pegangan yang lebih kecil dari yang anda butuhkan. Hal ini berpengaruh besar terhadap permainan anda karena grip yang terlalu besar mengakibatkan tingkat permainan anda menjadi lambat.

Titik keseimbangan
Mengecek titik keseimbangan dengan cara meletakkan raket pada jadri telunjuk hingga dalam keadaan seimbang. Jika jari telunjuk anda lebih dekat dengan frame/atau kepala raket maka raket jenis ini adalah raket power. Jika jari telunjuk anda lebih dekat dengan pegangan raket, maka tipe ini adalah raket jenis control.

Bentuk frame raket
Bentuk kepala raket juga fakto,  frame isometrik memiliki bentuk yang relatif persegi sehingga meningkatkan raket itu " sweet spot".Sedangkan Kepala Oval memiliki sweet spot lebih kecil tetapi mereka memiliki power pack lebih untuk pemain berpengalaman .

Cara paling mudah memilih raket badminton yang bagus adalah dengan mengajak seorang yang sudah berpenglaman dalam  bulu tangkis dan orangtersebut seperti sudah berteman dengan raket. 

0 Response to "Ttips Memilih Raket Badminton yang Bagus"

Posting Komentar