Tips Supaya Rumah Bersuasana Dingin


Dalam mendesain/membuat sebuah rumah, desain agar rumah nuansanya dingin tidak panas sangat penting untuk lokasi di perkotaan yang panas. Meskipun pada  umumnya lebih parktis menggunkan AC, tapi paling tidak bisa membuat suasana dingin natural jelas lebih nyaman dan hemat listrik. Tata letak ruang bahan bangunan, arah rumah itu sangat mempengaruhi. Sebagai contoh bahwa rumah bertingkat di lantai ruang atas pasti lebih panas daripada lantai bawah, itu karena atas terkena langsung sinar matahari. Jika anda ingin membangun tempat tingal, berikut ini tips supaya rumah bersuasana dingin.

Cara-cara membuat suasana rumah  dingin

Atap rumah gunakan atap rumah yang terbuat dari genteng tanah yang cukup tebal dan berwarna terang. Semua orang sudah banyak tahu alasaannya karena genteng tersebut mampu memantulkan dan menyerap udara panas matahari sehingga tidak menembus ruangan rumah. 

Arah jendela rumah usahakan jangan membuat jendela di bagian barat dan atau timur. Sebenarnya cahaya matahari pagi itu bagus sehingga jendela di timur sangat bagus untuk ruamh di wilayah pegunungan, tapi untuk daerah perkotaan yang panas. akan menjadikan ruangan lebih panas. 

Kolam ikan, keberadaan kolam ikan di bagian rumah sangat memberi suasana dingn, bukan hanya dari perasaan saja tapi airnya mebuat sekitarnya  menjadi dingin. Buatlah di dapan rumah, supaya ketika sampai rumah dari kerja langsung disambut suasana dingin

Kipas angin di atap atau langit-langit membuat udara terasa delapan derajat lebih dingin, dan harganya relatif lebih murah dan angin yang alami daripada AC.

Tanaman hias di ruang tamu, depan rumah tanami tanaman keras seperti belimbing  atau rambutan. Jika tidak ada tempat bisa buat tanam, hias gantung atau rambat dipagar atau samping rumah.

Pemilihan warna cat rumah suasana dingin sangat vital, contohnya adalah warna hijau muda, biru langit. jenis-jenis warna panas adalah merah dan orange. 

0 Response to "Tips Supaya Rumah Bersuasana Dingin"

Posting Komentar