Perbedaan Moderator, MC dan Pembawa Acara

Dalam bidang public speaking dikanal sebagai moderator yaitu orang yang berparan sebagai pembicara sebagai pemimpin jalannya semuah diskusi atau forum. Bisa juga dinekenal dengan sebuatn MC arti dari singkatan (master of ceremony) orang yang mengendalikan acara sehingga juga disebut pembawa acara. Ketiganya sebanranya hampir sama, namun ada perbedaannya terletak pada jenis acaraa atau kegiatan yang dibawakan. Mari pelajari apa perbedaan moderator, MC dan pembawa acara

Moderator lebih luas jangkaunnya yaitu seorang yang mengusai sebuah forum diskusi. Dalam penerapannya sering digunkan dalam kegiatan seminar umum, sekolah, kampus dsb. Seorang moderator mementukan kapan pembicara mulai tampil, membuka tanya jawab, menentukan batasan waktu. Mencatat dan menyampaikan kesimpulan darihasil diskusi juga tugas seorang moderator. 
Modertor identik dengan pengendali sebuah forum supaya peserta menaati peraturan yang ditentukan dan menghindarkan pembicaraan yang keluar jalur, bahkan pengawas forum online sering disebut momod panggilan akrab seorang moderator

MC adalah orang yang bertugas pemandu acara, di tv bisa disebut host yang beraksi untuk kelancaran dan berperan untuk suksesnya suatu acara, dalam acara yang dibawakan lebih menuntut kreativitas MC dalam inprovisasi dan memungkinkan adanya dialog dengn audiens. MC bisa menyampaikan suatu yang lucu atau hal yang menarik udiens. Jenis-jenis kegiatan biasanya adalah hiburan, kesenian, eksibisi, dan yang sesuai dengan karekteristikya yang meriah, semangat, dan emosional. 

Pembawa acara adalah penuntun tahap demi tahap sxebuah acara, biasanya diawali pembukaan hinga penutupan, hampir mirip dengan moderator, tapi lebih sering diacara formal. Pembawa acara harus lebih beretika, seperti pengucapan salam dan hormat kepada pembicara.  Karakteristiknya yang formal, serius, dan hidmat,contohya acara kehadiran pejabat, pelantikan dan serah terima jabatan.

0 Response to "Perbedaan Moderator, MC dan Pembawa Acara"

Posting Komentar