Paket Internet Esia Max-d Berbagi Pengalaman


Admin mancinginfo.blogspot.com mencoba berbagi pengalaman selama menggunakan paket internet esia max-d. Beberapa provider CDMA yang bisa menjadi pilihan. Saya yang sudah memakai bisa sedikit mengulas kelebihan dan kelemahan paket esia max-d. Kebetulan saya mengunakan 2 modem CDMA smartfren, esia, dan juga flexi., lumayan bisa membandingkan.

Perlu diketahui bahwa kecepatan internet modem sangat dipengaruhi oleh wilayah. Kebetulan wilayah saya work untuk ketiga kartu tersebut. 

Sekilas perbandingan dengan ketiga provider CDMA diatas koneksi esia sedikit lebih cepat, namun hampir sama. Mungkin karena saya mengunkan paket bulanan 50.000, esia mendapat kecepatan tertinggi up to 3,1, beda dengan Smartfren yang hanya 500 kbps, dan Flexi 153 kbps. Kelebihan lain adalah harga modem khusus esia murah-murah hanya 100 ribuan dengan kualitas upto 7,2 Mbps.

Untuk yang suka streaming di wilayah kota dengan sinyal yang cukup bagus, ditempat saya streaming youtube tanpa buffer. Bisa menjadi pilihan yang tepat dengan syarat harus memilih paket mahal minimal yang 100rb/perbulan dengan kuota 7GB.

Intensitas internetan saya sekitar 12 - 15 jam perhari dengan menggunakan paket 2GB/ 50.000/bln . Asumsi kegunaan untuk nge blog, sosial media, game dsb, kurang lebih 10-15 hari kuota habis. Itupun sudah sangat jarang untuk streaming youtube.

Kelemahan Esia Max-d
Setahu saya tidak ada pilihan paket internet unlimited. Semakin koneksi cepat tentu akan cepat memakan kuota, rata-rata kecepatan 100 - 250 Kbps. Ketika habis kuota kita sudah tidak bisa lagi mengakses internet. 
Masalah yang saya temui lainnya sering restart otomatis, koneksi berhenti sebentar kemudian konek lagi. Jika browsing sih ga masalah, tapi untuk main game online (Dota) sangat masalah karena pasti menyebabkan disconect.

Smartfren memberi pilihan unlimited dengan sistem FUP, setelah masa FUP habis kuota maka kecepatan akan diturunkan menjadi 64 kbps, masih bisa browsing hingga masa aktif paket habis. Kalau Flexi semua paket unlimited, namun kecepatan cenderung dibawah esia dan Smartfren. Tapi menggunkan flexi aman sampai masa aktif habis tanpa tekut kehabisan kuota.

Saya sekarang modem utama menggunakan smartfren, untuk aktifitas online dan juga masih menggunakan esia khusus untuk browsing yang membutuhkan kecepatan tinggi. 2 modem aktif semua. 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama