Penyebab Diabetes Adalah Pola Hidup Ini

Penyebab diabetes adalah kelebihan kadar glukusa/gula di dalam darah. Kekurangan hormon insulin yang dihasilkan oleh organ pankreas sebagai pengatur cadangan glukosa di dalam tubuh. Intinya penyebab diatetes tipe 2 adalah rusaknya sistem insulin karena sudah tidak mampu mengatur kadar gula. 

Ketidakmampuan hormon insulin mengatur kelebihan cadangan glukosa ini yang menyebabkan gula dalam darah tinggi. Gula dalam darah sampai pada sistem ginjal yang menjadikan kencing menjadi manis, karena diabetes juga disebut kencing manis. Sekilas pemaparan sistem tubuh yang mengalami diabetes tipe 2 yang menjadi penyakit umum menyerang banyak orang masa kini.

Pola hidup penyebab diabetes

  • Kelebihan kalori (karbohidrat, lemak dan gula) karena banyak makan, camilan dan minuman ringan
  • Jarang beraktifitas berat, sehingga energi dalam tubuh tidak terpakai
  • Jarang jalan kaki, lebih memilih naik motor, pakai eskalator/lift
  • Bekerja lebih banyak duduk daripada bergerak

Yang pada intinya adalah kelebihan kalori sumber energi dalam tubuh (glukosa) yang menumpuk-numpuk sampai merusak hormon insulin. Jangan anggap jogging setiap sore sudah mampu membakar kalori, apalagi cuma dilakukan seminggu sekali. Sulit mengukur jumlah kalori yang dibakar dengan aktifitas/olahraga yang dilakukan.

Jika ingin membakar kalori secara maksimal adalah lari marathon (bukan jogging), karena jogging adalah olahraga kardio yang bagus untuk jantung. Jenis-jenis olahraga sepakbola, bulu tangkis, basket, beladiri cukup lumayan untuk membakar kalori. Cara lain adalah dengan mengurangi asupan makanan, dengan tidak ngemil, puasa Senin-Kamis (bagi muslim), mengurangi soft drink dll

0 Response to "Penyebab Diabetes Adalah Pola Hidup Ini"

Posting Komentar