Menu Wisata Kuliner Kota Solo

Menu wisata kuliner kota Solo, salah satu kota di Indoinesia yang terkenal dengan seni, agama,budaya dan yang pasti adalah jajanan makanan yang khas. Apa yang tersirat di pikiran anda untuk menu kuliner kota Solo? Surabi, Nasi Liwet, Tengkleng, ya benar itulah sedikit gambaran dari sekian banyak makanan khas dari Solo. Ada apa saja? yuk simak

Nasinya yang hangat terasa pulen dan gurih karena sebelum dimasak dalam kukusan, beras dimasak setengah matang terlebih dahulu dengan santan. Berpadu dengan rasa manis dan pedas dari sayur labu siam, menghasilkan kombinasi rasa yang sangat luar biasa. Ditambah lagi lezatnya suwiran ayam pindang, jerohan ayam dan juga telur pindang. Areh (sari santan kental) yang dibubuhkan diatasnya adalah kunci utama yang memberikan kelezatan khas nasi liwet. 
Penjual Nasi Liwet banyak dapat dijumpai di daerah Keprabon, buka mulai jam 4 sore.

Tahu Kupat Solo
Tahu Kupat Solo
Tahu kupat adalah makanan khas Solo yang terdiri dari ketupat, mi basah, taoge, tahu goreng, bakwan yang dipotong-potong dan kacang goreng yang disiram dengan bumbu kecap manis. Sebagai tambahan kadang juga ditambah telur dadar. Makanan lezat ini tergolong makanan merakyat dengan harga 6.000 -10.000 per porsi.
Tahu kupat dapat dengan mudah ditemui di sepanjang Jl. Gajah Mada dan di depan Pasar Kadipolo.

Timlo Solo 
Timlo Solo
Makanan berkuah bening yang berisi sosis goreng yang dipotong-potong, telur ayam pindang dan irisan hati ampela ayam. Menu ini disantap dengan nasi putih yang ditaburi bawang goreng. Berbeda dengan daerah lain, timlo solo tidak memakai soun dan jamur. 
Warung Timlo dapat dijumpai di Timur Pasar Gede buka pagi hari dan di Jl Urip Sumoharjo.

Sate Buntel 
Sate Buntel
Sate kambing khas kota Solo terbuat dari daging kambing yang dicincang halus, diberi bumbu bawang dan merica, kemudian dibuntel (bungkus) dengan lemak kambing. Dimakan bersama kecap, irisan cabe rawit, bawang merah, irisan kol dan tomat. Menu yang lain adalah sate kikil kambing dan gule sumsum. 
Warung sate kambing dapat dijumpai di Jl. Sutan Syahrir Tambak Segaran.

Wedang Dongo 
Wedang Dongo
Minuman beraroma jahe ini mirip dengan wedang ronde. Wedang dongo terdiri dari bulatan yang terbuat dari tepung ketan yang berisi kacang tumbuk dan irisan kolang kaling, kemudian disiram dengan air jahe manis.

Pecel Ndeso 
Pecel Ndeso

Nasi pecel yang berasal dari beras merah, dicampur sayur yang berisi dedaunan dan tanaman mulai dari jantung pisang, nikir, daun petai cina, bunga turi, dan kacang panjang, sambal wijen putih atau hitam. Disantap  bersama belut goreng, wader pari goreng, telur ceplok, sosis solo, bongko (kacang merah dan kelapa), gembrot (kelapa dan daun simbukan), otak dan iso goreng. Warung pecel ndeso yang terkenal di solo adalah Waroeng Tempo Doeloe di Jl. Dr Supomo 55 Pasar Mbeling, selain itu juga pecel ndeso banyak dijajakan oleh ibu-ibu berkeliling kampung.

Serabi Solo 
Serabi Solo
Jajanan ini tidak dimakan bersama kuah santan yang manis, karena rasanya sendiri sudah manisa dan gurih. Serabi Solo terbuat dari adonan tepung beras, gula pasir, dan santan. Serabi Solo berbentuk bulat seperti piring dengan kerak disekelilingnya. Serabi Solo memakai toping yang beraneka macam seperti taburan coklat, nangka, dan irisan pisang.

Anda bisa melihat info beberapa lokasi kuliner spesial Solo untuk berkuncung dan mencicipinya :)

0 Response to "Menu Wisata Kuliner Kota Solo"

Posting Komentar