Cara Memandikan Bayi yang Baik

Sangat penting mengetahui prosedur memandikan  bayi, khususnya bagi ibu/orang tua pertama kali. Fokus utama dalam memandikan bayi yang dibilang kurang begitu diperhatikan oleh sebagian orang tua. Karana kurang paham, bisa jadi memandikan buah hati anda ternyata kurang tepat. . Berikut ini beberapa cara memandikan bayi yang baik dan benar

Perhatikan Suhu udara untuk memandikan bayi. Jika kondisi udara dingin atau saat musim penghujan, usahakan jangan terlalu sering memandikan bayi, cukup di seka saja pada bagian lipatan-lipatan tubuhnya untuk menghindari terjadinya eksim pada kulitnya. Saat musim panas, mandikan bayi dengan air biasa, jangan terlalu dingin, tidak hangat pun tidak panas.

Tahap-tahap memandikan bayi yang benar

  • Siapkan terlebih dahulu keperluan mandi bayi.
  • Isi air hangat (36-37 C) campurkan air rebusan dan air dingin, pastikan suhu hangat sedang
  • Bukalah bajunya, bungkus dengan handuk di pangkuan Anda, usap matanya dengan kapas yang dibasahi dengan air matang dingin, bersihkan sekitar wajah dan mulut.
  • Bersihkan mata dari luar ke dalam, gunakan kapas yang dibasahi.
  • Basuh kepala, wajah, leher, dada, lengan, punggung dan tungkainya. Perhatikan daerah lipatan.
  • Sabunilah kepala dan badan. Gunakan washlap. Pilih sabun bayi dengan formal PH balance agar tidak pedih di mata.
  • Keramasi rambutnya, pegang kepalanya di atas bak mandi. Keringkan, lepaskanlah handuk, letakkan satu tangan di bawah pundaknya, sementara tangan lainnya diletakkan di pantat. Masukkan bayi secara perlahan ke bak mandi.
  • Topang leher dan pundaknya, sabuni dan bilas. Pegang pantatnya dan angkat. Bungkus dengan handuk. Tepuk-tepuklah agar kering. Biarkan bayi terbungkus handuk saat memakaikan baju dan popok.
  • Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memandikan bayi, terutama di bagian-bagian tertentu dimana kondisinya begitu sulit untuk dijangkau dan juga mengingat kondisi kulit bayi yang masih sensitif. Daerah spesifik tersebut adalah:

Membersihkan seputar alat kelamin bayi

Pada bayi laki-laki: Bersihkan kotoran yang ada pada kulup secara perlahan, dorong lembut kulit penis ke pakaiannya. Sekalah (seko) kotoran dengan kasa basah.

Pada bayi perempuan: Bersihkan daerah kemaluan dari depan ke belakang (dari kemaluan ke anus dan dapat diulang dengan kasa baru), demikian pula dengan selangkangan.

Membersihkan bagian dalam telinga dan hidung

Bersihkan lubang hidung yang terlihat dengan kapas (cotton bud) basah.
Bersihkan bagian terluar telinga yang bisa dilihat dengan kapas basah. mancing info 

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama