Ciri Gejala Terserang Demam Derdarah

Ciri-ciri gejala demam berdarah (DBD) sebaiknya diketahui oleh masyarakat umum supaya bisa melakukan pengobatan lebih dini sebelum akut. Demam berdarah menunjukkan gejala yang umumnya berbeda-beda tergantung usia penderita. Ciri gejala terserang demam berdarah yang umum terjadi pada bayi, anak-anak, dan dewaasa.

Ciri DBD berdasar usia
Criri gejala umum terjadi pada bayi dan anak-anak adalah demam dan munculnya ruam (bintil-bintil merah).
Pasien usia remaja dan dewasa, gejala yang tampak adalah demam tinggi, sakit kepala parah, nyeri di belakang mata, nyeri pada sendi dan tulang, mual dan muntah, serta munculnya ruam pada kulit.

Penurunan jumlah sel darah putih (leukopenia) dan penurunan keping darah atau trombosit (trombositopenia) juga seringkali dapat diobservasi pada pasien demam berdarah.[7] Pada beberapa epidemi, pasien juga menunjukkan pendarahan yang meliputi mimisan, gusi berdarah, pendarahan saluran cerna, kencing berdarah (haematuria), dan pendarahan berat saat menstruasi (menorrhagia).

Gejala-gejala penyakit demam berdarah timbul setelah melewati masa inkubasi 3 sampai dengan 5 hari sejak seseorang terserang virus dengue. Berikut adalah beberapa ciri-ciri demam berdarah bila sudah menyerang manusia ;

1. Tanpa sebab yang jelas tiba-tiba suhu badan bisa naik ( 38-40 derajat celsius ) disertai dengan demam dan panas selama dua sampai tujuh hari berturut-turut. Demam kadang disertai dengan bintik merah namun juga tidak. bintik- bintik merah akan jelas terlihat apabila diperiksa dengan metoda uji torniquet.

2. Demam tak kunjung sembuh walaupun sudah diberi obat penurun panas. Panas bisa turun dan bisa naik, bisa juga tidak turun sama sekali sepanjang hari.

3. perasaan menggigil, Hilangnya nafsu makan dan minum yang disertai rasa mual yang mendorong untuk muntah. Terkadang sering terasa nyeri di kepala.

4. Nafas tak beraturan dan terasa agak sesak.

5. Terasa nyeri saat menggerakan bola mata dan nyeri punggung pada awal gejala.

6. Otot di seluruh bagian tubuh terasa pegal dan nyeri.

7. Kulit menjadi nampak kemerahan, terutama di bagian muka.

8. Buang Air Besar berwarna hitam dan keras. 

Jika anda mengalami panas tinggi yang berkepanjangan (lebih dari 1 hari) dan tidak sembuh dengan meminum obat, segera mendatangi rumah sakit, dokter terdekat dan cek darah anda.

0 Response to "Ciri Gejala Terserang Demam Derdarah"

Posting Komentar