Cara Mudah untuk Menghafal


Apakah ada tips menghafal pelajaran dengan cepat? tentu saja ada, paling tidak bisa membantu mempermudah menghafal materi pelajaran. Mengingat kata-kata dalam satu dua tiga kalimat secara tepat memang tidak mudah, ini adalah kemampuan otak kiri yang sifatnya singkat, sehingga perlu diulang-ulang dan tidak sekali hafal. Setiap orang mempunyai cara mudah untuk menghafal materi yang berbeda-beda. 

1. Menghafal sambil Menulis ulang
Setelah 2-3 kali dihafal coba hafalan itu ditulis ulang pada kertas. Cara ini agak malas dilakukan karena dirasa membuang waktu, namun ketika sungguh-sungguh cara ini sangat efektif.

2. Usahakan dalam keadaan rileks
Dengan keadaan rileks kita takkan kesulitan dalam menghafal sesuatu,maka dar iitu rilekkanlah dulu fikiran anda sebelum menghafal sesuatu agar nantinya hafalan tersebut tak hilang dari otak anda. Tapi kebiasaan siswa menghafal pada waktu mendesak. Jika bisa membuat pikiran santai, oke gapapa di  waktu mendesak sekalipun.

3. Hafallah pelajaran sedikit demi sedikit
Ya janganlah terlalu muluk muluk menghafal suatu bacaan dengan terus menerus, hafallah sedikit demi sedikit namun mudah anda fahami (resapi) dengan begitu pelajaran itu dengan sangat mudah anda ingat dalam fikiran anda.

4. Pahami, itu lebih dari sekedar hafal
Sebenarnya yang diharapkan pendidikan itu adalah kepahaman terhadap materi, bukan hafalan. Hafalan dan ujian hanyaberakir pada nilai raport yang nantinya akan hilang dan tidak berguna. Memahami akan lebih  mudah menmghafal karena tahu apa yang dimaksut materi tersebut.

5. Menggambarkan materi hafalan
Seseorang yang cenderung dominasi otak kanan, memang agak sulit untuk menghafal kata-kata kalimat-kalimat. Dengan cara menggambarkan sesuatu, membayangkan dalam bentuk visual maka kalimat tersebut justru akan mudah dipahami dan hafal. Meskipun tidak dapat menulis kata-kata dengan urut dan tepat, namun intinya bisa sama.

6. Latihan mengerjakan soal
Ini untuk  hafalan rumus-rumus eksakta. Dalam satu bab tentu ada beberapa  rumus. Ketika ujian anda harus bisa mengerjakan soal dengan rumus tersebut bukan menulis ulang rumusnya.

Nah semoga depat membantu, pilihlah cara menghafal materi pelajaran yang paling cocok. Jika diulang berkali-kali menghafal itu pasti  bisa, yang sulit adalah malasnya.

0 Response to "Cara Mudah untuk Menghafal "

Posting Komentar