-

Tanaman Hias yang Bagus untuk Ruangan


Tanaman hias untuk ruangan sangat bagus selain sebagai penyejuk dan miniatur pemandangan indoor juga bagus untuk mengurangi polutan dalam ruangan. Biasanya baik ditaruh di kamar, ruang tamu, ruang keluaraga yang menjadikan terlihat indah natural. Mungkin sudah sering kita lihat di ruang tamu diberi pajangan tanaman hias asli. Tapi kita ga sadar apa saja sih tanaman hias yang bagus untuk ruangan, bahkan bermanfaat bagi kesehatan.
Dari hasil penelitian tanaman penghias rungan ini memang mampu memberi efek kesehatan dengan kemampuanya mengurangi polutan.

3 tanaman hias ruangan

Lidah Mertua (Sanseviera)
Daun-daun sanseviera tumbuh langsung dari rimpang akar di dalam tanah. Bentuk daunnya seperti pedang, dengan kombinasi warna hijau, hijau putih, maupun hijau kuning. Lidah mertua tahan disimpan dalam ruangan, karena dapat tumbuh dalam kondisi sedikit air dan cahaya matahari. Daun tumbuhan ini tebal, dan banyak mengandung air, sehingga tahan dengan media tumbuh yang kering. Penelitian yang dilakukan oleh Badan Antariksa Amerika Serikat (NASA), bahwa lidah mertua mengandung bahan aktif pregnan glikosid, yang berfungsi mengurai polutan menjadi asam organik, gula, dan asam amino. Dengan demikian polutan tersebut tak lagi berbahaya bagi manusia. Selain itu, diketahui pula lidah mertua mampu menyerap radiasi dari berbagai peralatan elektronika yang ada di dalam ruangan. Sehingga radiasi tak berbahaya bagi kesehatan penghuni ruangan.

Sri rejeki (Dieffenbachia seguine
Tanaman hias yang satu ini mulai populer dengan nama Aglaonema, mengatasi berbagai polutan dengan senyawa phytochemical. Phytochemical adalah senyawa-senyawa kimia, seperti beta karoten yang secara alamiah terkandung di dalam tanaman. Phytochemical Aglaonema dilepaskan saat fotosintesa dan memiliki efek anti bakteri, menekan pertumbuhan spora jamur dan bakteri merugikan. Hasil penelitian Associated Landscape Contractor of America, ditemukan bahwa phytochemical mampu menekan populasi bakteri dan spora jamur merugikan hingga 50-60%. Selain itu, phytochemical juga mengurangi rasa sakit, membantu konsentrasi, menghilangkan rasa lelah dan mengurangi tekanan mental.

Puring 
Daunnya berwarna-warni kini diketahui juga sebagai penyerap berbagai polutan, yang berasal dari asap rokok, bensin, pembakaran kayu, dan uap terpentin. Formaldehyde dan karbondioksida adalah jenis polutan yang dapat terserap oleh puring. Bahkan, berdasarkan penelitian yang dilakukan Dr. Ir. Suparwoko dan Ir. Feris dari Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, puring merupakan tanaman yang memiliki daun paling baik dalam menyerap unsur timah hitam, sebanyak 2,05 mg/liter. Timbal termasuk salah satu logam berat.




Ditulis Oleh : Alifan Doflamingo ~

Anda sedang membaca artikel berjudul Tanaman Hias yang Bagus untuk Ruangan yang ditulis oleh Mancing Info yang berisi tentang : Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top