Produk-Produk dari Minyak Kepala Sawit

Kelapa sawit merupakan tanaman unggulan Bangsa Indonesia salah satu penyumbang devisa terbesar dari hasil ekspor. Minyak nabati kelapa sawit banyak dimanfaat oleh produk industri. Karena itulah kelapa sawit menajdi minyak dasar yang dihasilkannya Crude Palm Oil (CPO) yang nantinya diolah menjadi bergai produk, yang biasa kita ketahui adalah minyak goreng. Namun sebenarnya masih banyak produk-produk dari minyak kepala sawit, berikut diantaranya:

Kelapa Sawit untuk makanan
Bagian yang paling populer untuk diolah dari kelapa sawit adalah buah. Bagian daging buah menghasilkan minyak kelapa sawit mentah yang diolah menjadi bahan baku minyak goreng dan berbagai jenis turunannya. Produknya adalah; Mentega coklat, additive, es cream, pakan ternak, dan pastinya minyak goreng.

Produk kosmetik : 
Krim, shampoo, lotion, pomade, vitamin and beta carotene. 

Industri berat dan ringan : 
Industri kulit (untuk membuat kulit halus dan lentur dan tahan terhadap tekanan tinggi atau temperatur tinggi), cold rolling and fluxing agent pada industri perak, dan juga sebagai bahan pemisah dari material cobalt dan tembaga di industri logam. 

Industri kimia : Bahan kimia yang digunakan untuk detergen, sabun, dan minyak. Sisa - sisa dari industri minyak sawit, dapat digunakan sebagai bahan bakar boiler, bahan semir furniture, bahan anggur.

Selain itu, pemanfaatan Kelapa Sawit berupa ampas tandan kelapa sawit merupakan sumber pupuk kalium dan berpotensi untuk diproses menjadi pupuk organik melalui fermentasi (pengomposan) aerob dengan penambahan mikroba alami yang akan memperkaya pupuk yang dihasilkan. Tandan kosong kelapa sawit (TKKS) mencapai 23 % dari jumlah pemanfaatan limbah kelapa sawit tersebut sebagai alternatif pupuk organik sehingga memberikan manfaat lain dari sisi ekonomi.

0 Response to "Produk-Produk dari Minyak Kepala Sawit"

Posting Komentar