Mengenal Macam-Macam Tanaman Obat

Ada berbagai macam jenis tanaman obat yang biasa disebut Toga (tanaman obat keluarga) yang mungkin belum kita sadari. Pada jaman dahulu banyak yang membudidayakan macam-macam tanaman obat  di pekarangan atau kebun rumah. Semisal jahe, kunir, jeruk nipis, selain yang utama untuk bumbu masak juga bermanfaat untuk membuat obat tradisional. Jaman dulu belum bnayk dokter dan obat kimia yang beredar seperti sekarang.

Tanaman obat keluarga bisa berupa kebun ataupun ladang yang digunakan untuk membudidayakan tanaman yang berkhasiat sebagai obat dalam rangka memenuhi keperluan keluarga akan obat-obatan. Namun jaman sekarang jarang yang membudidayakan, lebih suka pada tanaman hias, karena juga keterbatasan lahan.

Contoh beberapa tanaman obat

Jahe
Selain untuk bumbu masak juga sering dibuat minuman hangat yang bisa meredakan masuk angin

Sirih
Untuk pertolongan pertama pada mimisan, yaitu dengan diselipkan di hidung

Kunir, 
Campuarn kunir parut dan jehe dapat digunkan untuk menyembuhkan gejala batuk

Pepaya
Buah dan daun pepaya sangat baik untuk pencernakan 

Jeruk nipis
Campuran jeruk nipis dan madu mempunyai banyak khasiat untuk meredakan gejala beberapa penyakit ringan.

Masih banyak lagi jenis-jenis tanaman obat yang bisa dipelajari manfaatnya dan dibudidayakan. Saya yakin sekarang sudah jarang yang peduli dengan obat tradisonal, padahal sangat bagus dan herbal jika dikonsumsi sehari-hari,misalkansaja minuman jahe.

Berikut ini daftar lengkap tanaman obat DI Sini

1 Response to "Mengenal Macam-Macam Tanaman Obat"

  1. Info tanaman obat yang menarik, Saya sangat mengapresiasinya. Banyak sekali tanaman obat yang bisa dijadikan Obat herbal alami. Dan tanaman obat herbal terbukti manjur

    BalasHapus