__

Mengenal Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian

Penyuluhan dan Komunikasi Pertanian adalah program studi kuliah di fakultas Pertanian. Sebenarnya dalam praktek kerja sesungguhnya, penyuluh dan komunikasi tidak dalam bidang yang sama, namun penyuluh tidak bisa lepas dari peran ilmu komunikasi. Nah, bagi anda yang tertarik dengan sektor pertanian, khususnya di bidang penyluhan, mari mengenal penyuluhan dan komunikasi pertanian (PKP).

Pertanian adalah salah satu ilmu terapan dari Biologi, mempelajari segala hal yang berurusan dengan tanaman. PKP adalah ilmu sosialnya pertanian, berurusan dengan manusia (stakeholders) sebagai pelaku di sektor pertanian. PKP banyak mempelajari ilmu-ilmu sosial kemasyarakatan dan lemabaga sosial petani, namun tetap mempelajari ilmu pertanian sebagai ilmu dasar, seperti budidaya, proteksi tanaman, ilmu tanah,  klimatologi dan agribisnis.

Seorang penyuluh berperan utama menyampaikan informasi yang berupa informasi, teknologi baru pertanian (inovasi) kepada petani, istilahnya sebagai jembatan. Dalam usaha penyampaian seorang penyuluh tidak hanya modal ilmu yang dimiliki atau modal bisa berbicara di depan umum, namun juga sikap yang profesional beramah tamah dengan kehidupan petani, bahkan harus siap menjadi pendamping dan konsultan bagi petani

Jika dilihat sekilas, peran penyuluh sangat membosankan, monoton dan tidak modern. Dari pengalaman saya,  semua itu terhapus oleh nilai-nilai sosial bermasyarakat bersama jiwa-jiwa petani yang bersahaja. Sebagai seorang penyuluh mempunyai tugas utama bukan mendidik, tapi sebagai seorang fasilitator penghubung antara badan penelitian dan teknologi kepada petani.

Komunikasi adalah satu kesatuan ilmu yang dipelajari, juga mengubek-ubek ilmu komunikasi terutama komunikasi sosial untuk menunjang program penyuluhan. Juga mempelajari ilmu jurnalistik, penerbitan, audio vidio, fotografi, yang semua itu merupakan alat-alat yang membantu penyebaran informasi inovasi kepada petani. Bukan berarti ilmu-ilmu yang digunakan stagnan terkesan monoton, tapi juga mengikuti perkembangan, dan semakin lama juga semakin maju.

Sedikit ulasan ini adalah sekilasa pengalaman saya kuliah di PKP dan saya senang dan yakin di sini, meskipun awalnya tidak tahu kemana arahnya, tetapi pada akhirnya tahu bahwa PKP mempunyai prospek yang istimewa, dan prospek itu saya rahasiakan. 

advertisement



SUKA?

Posted by: Alifan Doflamingo Mancing Info Updated at : 03.59

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More