Cara Ngecas Laptop yang Baik dan Benar

Cara ngecas laptop yang benar nantinya akan mementukan awet tidaknya baterei laptop.  Pasalnya baterai sudah umum bermasalah yaitu menjadi drop bahkan rusak alias tidak berfungsi. Supaya baterai laptop tidak drop atau rusak sebaiknya pengecasan dilakukan di saat laptop mati, namun dirasa tidak mungkin karena kebutuhan pemakaian laptop yang lama. Coba praktekan cara ngecas laptop yang baik dan benar.

Copot baterai pada penggunaan waktu yang lama
Cara ini benar, bahwa dengan mencopot baterai akan mengurangi resiko baterai kebocoran arus di saat charge dalam kedaan laptop hidup. Namun juga besar resikonya, di saat laptop mati atau sering copot pasang baterai justru laptopnya yang akan  rusak. Secara ekonomis mendingan baterai yang rusak daripada laptopnya. J
Apabila laptop ga dibawa kemana-mana yang menyebabkan bongkar pasang baterai, lepas baterai lebih dianjurkan

Ngecas baterai laptop yang paling bagus
Di saat laptop dalam keadaan mati dan baterai habis. Jadi ketika digunkan dan indikasi baterai sudah low sebaiknya segera pasang charger, kemudian matikan laptop. Chas selama 3-4 jam sampai indikasi penuh. Setelah penuh lepas baterai dan bisa dinyalakan untuk digunakan lagi.

Ngecas dalam keadaan laptop nyala
  1. charge setelah indikator peringatan muncul low critical batre..(biasanya kurang dari 10%)
  2. jika di charge sambil di pake...lepas charge jika sudah full 100%.
  3. jika charge kondisi off,lepas charge jika lampu indikator telah mati/berubah warna yang menandakan sudah full

2 Komentar

  1. Pak laptop saya gak mau ngecas, tapi lampu tanda ngecas nyala (disebelah lobang cas), namun di monitor laptop icon tanda ngecas tidak terlihat dan klw colokan batree di cabut laptop langsung mati.. itu gimana solusinya gan?
    klw batreenya selama ini gak ada masalah, klw batree penuh bisa tahan 2 - 3 jam laptop nyala..

    BalasHapus
  2. pak baterai laptop saiia sudah di charge slm 2 bhkan 6 jam,,kq gk penuh sma skli..bhkan dihidupkan tnpa charge gk bisa...pda saat ngcas,,lampu ny hidup berwrna merah,,tp knpa gk brubh wrna putih yg mnandakan lau da penuh,,kira2 itu yg rskk baterainya atau charge ny???? Saiia bingung.

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama