Buah-Buah Lezat Sumber Vitamin C

Buah memiliki banyak nutrisi kandungan gizi terutama vitamin. Salah satu vitamin familiar yang penting bagi tubuh adalah vitamin C. Banyak yang sudah kita ketahui buah-buah lezat sumber vitamin C, seperti jeruk dan tomat.
Buah Lezat Sumber Vitamin C

Ciri-ciri buah mengandung vitamin C adalah warnanya merah kuning dan rasanya masam. Namun bukan hanya bersumber dari buah jeruk saja, coba baca berikut ini:

1. Pepaya
Satu buah pepaya ukuran kecil sekitar 157 gram memiliki 95,6 miligram vitamin C. Secangkir pepaya yang dihaluskan memiliki 140 miligram. Pepaya memiliki kandungan vitamin A tinggi, kaya folat dan serat. 

2. Strawberry
Buah yang rasanya asam dan segar ini, mengandung vitamin C sebanyak 86,5 mg dalam satu porsinya atau 147 g. Dalam sebuah penelitian menunjukkan, jika makan dua porsi strawberry dalam seminggu dapat mencegah gangguan saraf otak.

3. Blewah
Blewah yang umumnya berbentuk bulat lonjong ini kulitnya berwarna jingga terang dengan sedikit bercak berwarna hijau. Dalam satu porsi atau satu potong blewah mengandung 49,2 mg vitamin C. Selain itu juga kaya akan minerat, vitamin A dan serat.

4. Jambu Biji
Kandungan vitamin C pada jambu biji adalah dua kali lipat dibandingkan dengan jeruk manis. Jika jeruk saja kandungan vitamin C nya 54 miligram setiap 100 gram buah jeruk, maka pada jambu biji sekitar 108 miligram setiap 100 gram buah jambu biji. Buah ini bermanfaat untuk menurunkan berat badan, mencegah kulit wajah berjerawat, menurunkan kolesterol, serta mengobati diare. Jambu biji adalah buah dengan kandungan vitamin C tertinggi.

5. Apel
Kandungan vitamin C pada buah apel adalah 5 miligram pada 100 gram buah apel. Khasiatnya dapat mengeluarkan racun dalam tubuh. Kemudian menstabilkan imunitas tubuh. Serta mengurangi adanya alergi pada tubuh.

6. Anggur
Kandungan vitamin C pada anggur juga cukup baik, yaitu 10.8 mg per 100 g buah.  Manfaat Vitamin C dikenal sebagai senyawa utama tubuh yang dibutuhkan dalam berbagai proses penting, mulai dari pembuatan kolagen (protein berserat yang membentuk jaring ikat pada tulang), pengangkutan lemak, pengangkut elektron dari berbagai reaksi enzimatik, pemacu gusi sehat, pengatur tingkat kolesterol, serta pemicu imunitas.

7. Belimbing
Sebagai sumber vitamin, khususnya vitamin A dan C, belimbing ampuh sebagai antioksidan dalam memerangi radikal bebas. Buah ini juga mampu membantu mencegah penyebaran sel-sel kanker, meningkatkan daya tahan tubuh dan mencegah sariawan.

0 Response to "Buah-Buah Lezat Sumber Vitamin C"

Posting Komentar