Tips Tepat Memilih Jurusan Kuliah

Supaya kelanjuatan studi kuliah terasa mudah, menyengakan, lancar dan semangat, salah satu faktor penting adalah jurusan yang tepat. Tepat memilih jurusan kuliah di Perguruan Tinggi Negeri atau Swasta akan berdampak besar pada pemilihan karir dan profesi ke depannya. Tak sedikit yang kemudian melibatkan orang-orang terdekat seperti orangtua, guru, kakak angkatan atau bahkan teman dalam pemilihan jurusan. Sedikit banyak, orang-orang terdekat bisa memberikan saran jurusan apa yang paling tepat bagi Anda.

1. Kenali minat dan bakat
Rudi Widiyanto, M.Psi, Psikolog, menyebutnya sebagai sweet spot, yaitu titik di mana minat dan bakat bertemu. Ketika minat dan bakat berjalan beriringan hasilnya akan luar biasa positif. Untuk itu, terlebih dahulu Anda harus mengenali  minat dan bakat diri sendiri. Pilih jurusan yang memang sesuai dengan ketertarikan serta bakat Anda.

2. Carilah informasi sebanyak mungkin
Zaman semakin canggih. Dengan sekali klik, beragam informasi bisa kita dapatkan. Selain memperkaya wawasan dan pandangan, informasi yang kita peroleh dapat menjadi bahan pertimbangan dalam mengambil keputusan. Cari tahu karakteristik jurusan incaran Anda. Ketahui pula bidang kerja dari jurusan yang akan Anda pilih.

3. Amati prospek ke depan
Tren pekerjaan di masa mendatang juga dapat menjadi poin dalam pemilihan  jurusan. “Butuh kejelian dalam melihat proporsi bidang apa yang akan berkembang dan banyak dibutuhkan di masa mendatang,” kata  Sri Muliati Abdullah, Staf Ahli Bidang Training dan Rekruitmen ECC UGM. 

4. Sadari kondisi finansial
Idealis boleh, tetapi tetap kudu realistis. Jangan sampai pemilihan jurusan malah menjadi boomerang bagi diri sendiri. Kesadaran diri  akan kemampuan  finansial dibutuhkan agar sedari awal dapat direncanakan berapa keuangan yang diperlukan  hingga masa studi berakhir. Segala hal yang direncanakan dengan matang dari awal akan mempermudah pelaksanaan. Meski begitu tak ada salahnya jika selama masa studi kita mencari beasiswa untuk menunjang prestasi.

Kalau begitu tunggu apalagi? Semoga kita selalu ingat bahwa hidup kita sekarang merupakan hasil dari pilihan kita di masa lalu. Jadi, keberanian kita untuk mengambil langkah pertama akan menentukan langkah kita selanjutnya. Tentu saja, keberanian akibat pertimbangan yang dewasa serta matang.

0 Response to "Tips Tepat Memilih Jurusan Kuliah"

Posting Komentar