Supaya Tetap Sehat di Musim Hujan


Sehat di Musim Hujan
Di musim hujan biasanya tubuh lebih rentan terkena penyakit, biasanya flu dan demam. Kerana itu kesehatan tubuh harus lebih dijaga supaya tetap sehat di musim hujan, yang mana banyak bakteri cepat menjalar dengan air. Apalagi anak-anak yang imunnya belum kuat sangat mudah terjangkit beberapa penyakit seperti demam dan diare, begitu juga orang dewasa.

Mengapa pergantian musim tubuh mudah sakit?
Pergantaian musim menjadi waktu tepat mulai berekmbangnya telur bakteri yang cocok pada musim hujan. Satu contoh adalah perkembangan belatung yang begitu cepat di musim basah. Virus dan bakteri bisa masuk dalam tubuh kapan saja mengganggu kesehatan tubuh.

Tubuh mudah tidak stabil di kala kedinginan, pada saat dingin kebanyakan orang lebih suka berdiam diri tidak banyak aktifitas keluar. Peredaran darah yang kurang baik karena kurang aktifitas justru menjadikkan metabolisme berkurang sehingga gizi-gizi makanan tidak cepat tersalurkan. Padahal di saat suasana dingin tubuh perlu banyak energi. Jadi imbanmgi dengan konsumsi makanan sehat dan minuman sehat seperti susu dan kopi, itu sangat baik di kala musim dingin.

Jangan Salah Minum Es
Salah mengkonsumsi makanan dan minuman bisa menjadi penyebab utama sakit, biasanya infuenza. Mungkin kita tidak sadar sewaktu sehabis berolahraga lalu minum es dingin, ini akan menyebabkan peradaran darah dalam tubuh tidak stabil dan menjadikan demam. Logikanya, udara diluar yang dingin, tubuh panas sehabis olahraga kemudian organ dalam diguyur air dingin. Kebisaan ini seringkali orang tidak tahu sebagai penyebab demam. Efeknya kekebalan tubuh menjadi  tidak stabil yang di tandai dengan pilek dan pada saat pilek, sangat mudah virus dan bakteri masuk.

Mengapa musim hujan lebih  mudah sakit? ini karena di cuaca yang dingin kekebalan tubuh seseorang lebih rentan. Apalagi sebelum hujan cuaca ruangan sangat gerah, setelah itu suhu dingin muncul tiba-tiba di saat hujan turun.  Daya tahan tubuh akan turun di saat tubuh kehujanan.

Tips Supaya Tetap  Sehat di Musim  Hujan

1. Jangan terlalu sering menyentuh muka
Secara tidaksadar orang yang kehujanan akan sering mengusap muka. Virus flu dapat dengan mudah masuk lewat hidung, mulut, bahkan mata Anda yang ikut dalam air.

2. Usahakan tidak kehujanan
Daya tahan tubuh Anda akan turun drastis saat Anda kehujanan dan menyebabkan Anda mudah terserang penyakit. Jadi usahakan jangan sampai kehujanan dan berteduhlah dulu saat turun hujan.

3. Minumlah banyak air
Biasakan minum minimal delapan gelas air putih matang sehari. Minum air putih matang yang cukup mampu berfungsi untuk menangkal atau membuang racun-racun yang masuk ke tubuh. Minum susu dan kopi panas juga bagus untuk menghangatkan tubuh dikala dingin

4. Konsumsilah banyak buah bervitamin C tinggi
Vitamin C yang cukup sudah dikenal mampu menangkal penyakit karena meningkatkan kekebalan tubuh. Konsumsilah buah-buahan kaya Vitamin C seperti jeruk, apel, lemon, tomat, dan buah-buahan berwarna kuning/ oranye lainnya.

8. Konsumsi makanan mengandung Phytochemical
Phytochemical adalah sejenis bahan kimia alami yang ada pada tumbuhan yang memberi vitamin pada makanan. Zat jenis ini terdapat pada buah dan sayur segar berwarna hijau, merah dan kuning gelap, jadi usahakan memperbanyak konsumsi makanan jenis ini.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama