-

Jurusan di Fakultas Pertanian UGM

Ada 6 Jurusan di fakultas pertanian UGM, jumlah keseluruan program studi ada 12 dari 6 jurusan tersebut. Pertanian UGM sudah berdiri sejak tahun 1946, termasuk salah satu fakultas tertiua di UGM. Sekilas gambaran kuliah dimasing-masing prodi dan jurusan fakultas Pertanian UGM.

A. Jurusan Budidaya Pertanian 

1. Prodi Agronomi
Program Studi Agronomi menawarkan kurikulum untuk mengkaji interaksi faktor genetik dan lingkungan (biotik, abiotik) yang mempengaruhi pertumbuhan dan hasil tanaman.Mempelajari sistem budidaya tanaman yang baik dan unggul dari berbagai macam jenis tanaman, termasuk tanaman obat dan tanaman bunga. Dengan bekal pemahaman yang memadai tentang berbagai proses yang terjadi, memungkinkan mahasiswa dapat memahami dan menerapkan berbagai teknologi budidaya tanaman.

Lapangan Kerja Lulusan Agronomi
Perkebunan-perkebunan skala besar, menengah maupun kecil selalu siap menampung lulusan program studi tersebut. Selain itu para lulusan Agronomi juga dapat bekerja di perusahaan benih, pestisida, pupuk, dan obat-obatan. Tidak sedikit pula peluang bagi para lulusan program studi ini untuk berwiraswasta di bidang pertanian.

2. Pemulian Tanaman
Mahasiswa mempelajari tentang Varietas unggul hanya dapat diperoleh dengan melalui proses pemuliaan tanaman. Pemuliaan tanaman mempelajari genetika tanaman, perbenihan hingga sampai proses pengemasan benih bermutu baik varietas unggul.

Peluang Kerja Lulusan Prodi Pemuliaan Tanaman
Sektor perkebunan banyak membutuhkan para sarjana lulusan Program Studi Pemuliaan Tanaman. Peluang kerja yang besar tersebut dapat dilihat dari banyaknya alumni program studi ini yang telah bekerja di berbagai lembaga penelitian pertanian, perusahaan benih seperti PT Pioneer (produsen benih jagung BISI), PT East West Seed Co. (produsen sayuran Cap Panah Merah), berbagai perkebunan di Jawa, Sumatera, Kalimantan, dan Sulawesi.

B. Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian

1. Agribisnis
Prodi agribisnis mempelajari bidang bisnis dengan manajemen usahatani, agribisnis, pemasaran dan ekonomi sumberdaya, maupun dari segi makro yang berhubungan dengan pembangunan pertanian. Studi Agribisnis  ditekankan pada pengusaan hard dan soft skill di bidang ekonomi pemasaran yang nantinya dapat membangun sektor bisnis pertanian. Mempelajari perhitungan  ekonomi secara spesifik, supaya mempu bergerakdi bidang ekonomi, khususnya pertanian.

Peluang Kerja Lulusan Agribisnis
Hampir setiap perusahaan industri dan perkebunan  dapat menerima lulusan Agribisnis. Dengan kemampuan sistem pemasaran dan perhitungan ekonomi keuangan,lulusan Agribisnis mempunyai peluang lebih banyak masuk di dunia perbankan. Sarjana Agribisnis yang kompeten juga dibutuhkan sebagai konsultan pemasaran  produk pertanian.

2. Penyuluhan Dan Komunikasi Pertanian
Program Swadaya PKP antara lain bertujuan untuk menghasilkan tenaga penggerak pembangunan pertanian dan penyuluhan profesional berbekal pengetahuan dan keterampilan yang sesuai dengan kemajuan IPTEK pertanian dan agribisnis. Dibekali ilmu sosial masyarakat sebagaibekalpenyuluh danilmu komunikasi sebagai hard skill untuk memasuki dunia kerja sebagai komunikator yang ahli.

Peluang Kerja Lulusan PKP
Di bidang penyluhan,lulusan PKP dapat masukdi lembaga-lembaga pemerintah atau perkebunnan sebagai sarjana tenaga ahli di pertanian. Sebagai penyuluh pertanian, pengawas lapangan perkebunan. Bekerja di lingkungan sosial masyarakat petani sebagai inovator dan penyalur informasi.

Di bidang komunikasi lulusan PKP dapat masuk di perusahaan media massa televisi, radio dan media cetak. Bekal ilmu komunikasi dimiliki oleh lulusan  PKP sehingga dapat diaplikasikan dimedia-media komunikasi.

C. Perlindungan Tanaman

Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan hanya mempunyai satu program studi yaitu Program Studi Ilmu Hama dan Penyakit Tumbuhan dengan dua minat/konsentrasi: Ilmu Hama Tumbuhan dan Ilmu Penyakit Tumbuhan. 
urusan Perlindungan Tanaman terkait dengan pengamanan produksi pertanian melalui manajemen kesehatan tanaman. Mempelajari hama,bakteri, virus dan jamur yang berkaitan dengan tanaman untuk mampu memproteksi tanaman dari hama danpenyakit

Peluang Kerja Lulusan Perlindungan Tanaman
Hampir setiap dinas pertanian  dan perusahaan perkebunan membutukan tenaga ahli ilmuhama dan penyakit tanaman. Terutama di perkebunan yang sangat dibutuhkan untuk melindungi hasil  produksi dari serangan hama dan penyakit.

D. Jurusan Tanah

Hanya mempunyai sat prodi yaitu Ilmu Tanah. Mahasiswa ilmu tanah dibekali ilmu tentang tanah, iklim dan air yang sangat berhubungan dengan pertanian. Ahli ilmu tanah nantinya mempunyai kemampuan menganalisa kesuburan tanah, upaya menjadikna tanah subur, ilmu pemupukan tanah, membaca iklim dan teknik pengairan yang tepat.

Peluang Kerja Lulusa Ilmu Tanah
Setaiap perusahan perkebunan membutuhkan tenaga ahli tentang kesuburan tanah sebagi modal awal akan dilakukan penanaman. Industri pupuk juga memerlukan ahli ilmu tanah sebagai konsultan pembuatan pupuk tanaman. selain itu  juga lembaga-lembaga pertaiandaereah maupun swasta.

E. Jurusan Perikanan

1.  Prodi Budidaya perikanan
Mempelajari dan mengetahui tentang teknik pembenihan ikan dan biota air lainya, untuk memproduksi benih yang berkualitas. Dibekali skill usaha produksi benih ikan, udang, dan biota air lainnya. Melakukan penyusunan formula dan pembuatan pakan ikan/udang dan peningkatan sediaan pakan alami.

2. Prodi Teknologi Hasil Perikanan
Malatih mahasiswa dalam perencanaan dan pembangunan industri perikanan. Melakukan analisis usaha industri pengolahan hasil perikanan. Mengkaji potensi pengembangan produk dan industri. Melaksanakan praktikum dengan dibekali skill 
1. Menangani dan mengolah ikan
2. Mengelola dan merawat alat pengolahan
3. Melakukan uji mutu dan pengendalian mutu
4. Menerapkan prinsip keamanan pangan
5. Bekerja di laboratorium

3. Prodi Manajemen Perikanan
Mahasiswa belajar supaya memahami karakter sumberdaya ikan dan perairan. Menguasai gatra teknis, biologi, ekologi, sosial, ekonomi dan politik manajemen sumberdaya perikanan. Memahami konsep dan keragaman manajemen sumberdaya perikana. Memahami sarana dan prasarana kegiatan perikanan dan pengelolaannya

F. Jurusan Mikrobiologi Pertanian

Aspek keamanan dan kelestarian penggunaan bahan hayati dalam hal ini adalah mikroorganisme juga diberikan pada mahasiswa dalam topik kuliah Keragaman Hayati Mikrobia dan Keamanan Biologi. Sebagai bentuk pendalaman pembelajaran mikrobiologi pertanian. Belajar untuk mampu meneliti terutama mikrobia pertanian, seperti toksin, enzim tanaman, kultur jaraingan dsb

Lapangan Kerja Lulusan   Mikrobiologi
Beberapa perusahaan perkebunan dan makanan selalu berhubungan dengan kimia mikrobia. Lapangan kerja yang tersedia bagi tenaga ahli mikrobiologi pertanian sangat beragam. Sarjana yang memiliki keahlian Mikrobiologi Pertanian terpantau bekerja di beberapa industri swasta di bidang perkebunan, perikanan, pertambangan, pakan, pangan, obat tradisonal, dan bahan kimia, 



Ditulis Oleh : Alifan Doflamingo ~

Muh.Akram Anda sedang membaca artikel berjudul Jurusan di Fakultas Pertanian UGM yang ditulis oleh Mancing Info yang berisi tentang :Ada 6 Jurusan di fakultas pertanian UGM, jumlah keseluruan program studi ada 12 dari 6 jurusan tersebut Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top