__

Jenis-jenis Media Massa

Media massa adalah suatu alat/media sebagai perantara untuk menyampaikan pesan/imformasi dari sumber kepada khalayak umum dalam jumlah yang banyak (massa). Jadi media massa merupakan bagian dari komunikasi massa. Jenis-jenis media massa ada 3 yaitu. Media cetak, media elektronik dan media internet.

3 Jenis Media Massa

1. Media Cetak
Adalah media massa pertama kali muncul di dunia pada tahun 1920 an. Di kala itu pada awalnya media massa digunakan pemerintah untuk mendoktrin masayarakat, sehingga membawa masyrakat pembaca kepada suatu tujuan tertentu. Seperti teori jarum suntik pada teori komunikasi massa. Namun sekarang sudah sangat kebebasan pers, seperti timabal balik dari audiens.
Contoh-contoh media cetak seperti; surat kabar, majalah dan tabloid

2. Media Elektronik
Setelah media cetak muncullah media elektronik pertama yaitu radio. Yaitu sebagai media audio yang menyampaikan pesan lewat suara. Kecepetatan dan ketepatan waktu dalam penyampain pesan radio tentu lebih cepat dengan menggunakan siaran langsung. Pada waktu penyebaran informasi Proklamasi Kemerdekaan media massa radio berperan utama dalam penyebaran berita.
Setelah itu muncul Televisi yang lebih canggih bisa menayangkan gambar. Yaitu sebagai media massa audio visual.

3. Media Massa Internet
Baru populer di abad 21, google lahir pada tahun 1997. Media internet bisa melebihi kemampuan media cetak dan elektronik. Apa yang ada pada kedua media tersebut bisa masuk dalam jaringan internet melalui website. Banyak kelebihan media maassa internet dibanding media yang lain.

Namun akses internet yang masih terbilang bebas bisa berbahaya bagi pengguna yang belum mengerti. Misalnya penipuan, pornografi dsb. Media internet tidak harus dikelola sebuah perusahaan layaknya media cetak dan elektronik,  melainkan bisa dilakukan oleh individu.





SUKA?

Posted by: Alifan Doflamingo Mancing Info Updated at : 04.45

3 komentar:

user

media hiburan kayak konser termasuk media komunikasi atau tidak ya?

user

kalau konser termasuk komunikasi massa seni budaya, lebih ke sumber komunikasi
bukan media, medianya adalah TV yg meyiarkan atau banner sbg media cetak

user

kita juga punya nih jurnal mengenai Media Masa silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/6181/1/DOKUMEN%20PRESENTASI.pdf

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More