Cara Sukses Bisa Menjadi Penulis Lepas

Bagaimana cara untuk bisa menjadi penulis lepas, yang nantinya bisa mendapatkan penghasilan tambahan. Menjadi penulis adalah peluang besar untuk menambah penghasilan. Penulis lepas sebutan bagi yang suka membuat dan mengirim tulisan ke majalah, penerbit atau penulis konten website, bahkan bisa menjadi pekerjaan utama yang banyak profit. 

Yang jelas modal awal adalah keahlian mengarang, menyususn kata yang baik dan membuat kalimat yang enak dibaca. Kebanyakan penulis lepas mengincar jenis buku terbitan yang lebih profitable jangka panjang. 

Seperti yang kita ketahui, beberapa jenis penerbit membutuhkan banyak penulis yang bisa membantu melancarkan usaha mereka. Seringkali penulis dari dalam perusahaan sudah ‘over load’ sehingga membutuhkan bantuan dari penulis lepas. 
1. Fokus
Memilih jenis tulisan nonfiksi kreatif (artikel panjang berbentuk esai dengan narasi yang berbunyi hampir seperti fiksi) ? Atau apakah anda senang menulis hal-hal yang lebih praktis, seperti artikel yang berbentuk panduan prosedural? Atau mungkin Anda ingin menulis review buku atau video game, software atau peralatan? Persempitlah topik tulisan anda, bila dibutuhkan anda dapat memperluasnya dalam perjalanan karir anda.

2. Adopsi
Anda mempunyai situs web, majalah atau buku yang menjadi favorit anda? Apakah ada penulis yang gaya tulisannya mengilhami anda? Cari penerbit yang mempublikasikan jenis konten yang anda suka, dan pelajari teknik menulis mereka. Bukan berusaha untuk menirunya,  tetapi langkah ini hanya untuk membantu anda menemukan gaya tulisan anda.

3. Buat daftar
Buat daftar singkat nama-nama penerbit untuk target tulisan anda. Dengan asumsi Anda baru memulai, daftar penerbit tersebut mungkin berisi oleh seorang penulis-penulis pemula juga, tapi jangan takut untuk memasukkan beberapa penerbit yang lebih tinggi profil penulisnya. Dan jangan mengabaikan apa yang sebenarnya ada di dekat anda, seperti : koran lokal, majalah lokal, atau situs web yang mempublikasikan jenis tulisan Anda.

4. Susun tulisan anda.
Kumpulkan beberapa tulisan terbaik anda – yang telah diterbitkan atau belum - yang mewakili anda dengan baik dan sesuai dengan jenis konten yang anda cari.

5. Kontak
Pergi ke website perusahaan penerbit anda, cari URL-nya untuk situs publikasi web, dan cari pedoman pengajuan untuk artikel anda. Jika tidak ada, kirim permintaan untuk meminta panduan bagaimana cara anda mengirimkan tulisan anda ke alamat email perusahaan penerbit.

6. Sesuaikan
Buat proposal untuk beberapa artikel atau esai yang anda tulis, sesuaikan dengan jenis publikasinya, dan langsung kirim ke perusahaan penerbit. Sebagai tambahan, susunlah artikel yang sudah jadi berdasarkan spesifikasi. 

Strategi menulis di spesifikasi tertentu mungkin membuat tulisan anda sering dikritik, namun ini salah satu cara yang baik untuk masuk ke “pasar” tulisan, dan jika sebagian tulisan anda ditolak, mungkin hal ini dapat menunjukkan pada editor yang jenis tulisan yang anda sukai, dan untuk selanjutnya para editor akan memanggil anda bila ada proyek yang sesuai dengan jenis tulisan anda.

7. Bertekun dalam tulisan anda.
Ulangi langkah 6. Jika jenis tulisan anda ditolak, kirim ke orang lain. Jika Anda ditolak lima atau sepuluh kali, ganti gagasan anda dengan yang baru, dan coba kirim lagi (Tunggu beberapa bulan sebelum anda mengirim kembali kepada mereka yang menolakmu sebelumnya, tetapi jangan pernah menghapusnya dari daftar Anda.)

Saat pertama mencoba menjadi penulis lepas, anda mungkin mendapatkan penerimaan atau tugas pada percobaan pertama Anda. (Ini dapat terjadi.) Namun anda mungkin juga ditolak sekali, atau sepuluh kali, atau seratus kali. Jangan menyerah. Jika anda benar-benar berusaha, anda akan mendapatkannya. Tujuan anda adalah tidak mendengar "Tidak" sejumlah tertentu kali, tetapi untuk mendengar "Ya" sekali, dan kemudian sekali lagi, dan kemudian sekali lagi setelah itu. Seorang penulis yang karyanya tidak pernah dipublikasikan adalah penulis yang telah menyerah.
Anda  bisa mencoba mengirim naskah  ke koran atau surat kabar, ketika bisa dimuat tentu akan ada  honor yang anda terima. Berikut  ini cara supaya naskah dimuat di koran

0 Response to "Cara Sukses Bisa Menjadi Penulis Lepas"

Posting Komentar