Perbedaan Kamera DSLR dan Kamera Digital


kamera DSLR dan kamera digital
Perbedaan kamera DSLR dan kamera digital sudah bisa dilihat dari cara pengguanan, hasil gambar dan perbedaan pada lensa eksternal. Di dunia photography selama ini dikenal ada jenis kamera SLR/DSLR Camera dan Digital Camera atau biasa disebut camdig atau kamera poket.

Pengertian Digital Single Lens Reflex (Digital SLR atau DSLR) sendiri adalah kamera digital yang menggunakan sistem cermin otomatis dan pentaprisma atau pentamirror untuk meneruskan cahaya dari lensa menuju ke viewfinder.

Desain pantulan cahaya merupakan perbedaan mendasar anatar DSLR dan kamera digital pada umumnya, dimana kamera pada umumnya fungsi sensor untuk menangkap cahaya (gambar) dari lensa akan bekerja terus menerus dan diteruskan ke Liquid Crystal Display (LCD) atau elektronik viewfinder. Sedangkan pada DSLR gambar akan ditampilkan ke optical viewfinder hasil dari cahaya yang dipantulkan melalui cermin dan pentaprism. 

Dalam hal ini berarti pada kamera biasa sensor akan bekerja terus menerus untuk menampilkan gambar ke LCD atau elektronik viewfinder. Sedangkan pada DSLR sensor akan bekerja hanya pada saat pengambilan foto saja. Tetapi dewasa ini perkembangan live preview pada DSLR sudah memungkinkan seseorang untuk melihat objek foto melalui LCD, walau dengan beberapa batasan-batasan yang dimilikinya.

Faktor kualitas hasil  jepretan:
Kamera SLR/DSLR itu istilahnya “What You See is What You Get” yang artinya apa yang kamu lihat akan sama dengan aslinya. Kamera digital poket ya sebaliknya; apa yang kamu lihat hasilnya belum tentu sama dengan aslinya. Namun,  perlu keahlian mengatur lensa DSLR untuk mendapatkan gambar yang akurat dengan yang asli.

Faktor Harga
Kamera SLR/DSLR harganya lebih mahal dibandingkan dengan harga kamera digital poket, dan tentu saja harga menentukan kualitas semakin mahal harga sebuah kamera maka fiturnya juga akan semakin lengkap. Namun begitu, harga kamera digital pun bervariasi mulai dari yang mahal sampai yang murah.

Trend Market
Sekarang kamera SLR/DSLR baru saja menjadi trend di Indonesia, terutama kaum remaja. Sekarang DSLR bukan barang bawaan para photographer  profesional saja. Ada seni tersendiri menggunakan SLR/DSLR dibanding kamera digital poket biasa, yaitu memainkan fokus lensa dan mengganti-ganti macam lensa untuk mendapatkan bidikan gambar sesuai selera.

1 Response to "Perbedaan Kamera DSLR dan Kamera Digital"