6 Cara Supaya Bayi Sehat di Masa Hamil


Supaya Bayi Sehat di Masa Hamil
Bagi ibu hamil, wajib tahu cara sehat di masa hamil, tentunya si bayi sehat di saat lahir. Hal ini terutama bagi calon Ibu baru, begitu juga calon ayah si bayi. Terutama pola makan  sehat ibu hamil akan mempengaruhi janin bayi di dalam kandungan dapat tumbuh sehat dan lahir dengan selamat.

Tips Sehat Ibu Hamil

1. Periksa kontrol ke dokter
Di awal kehamilan anda sangat dianjurkan untuk kontrol ke dokter. Di sana  akan dibantu mengetahui bagaimana kondisi janin, dan tentunya supaya janin tumbuh sehat. Jika ada keluhan pada kehamilan sebaiknya segera diperiksa ke dokter. Pada bulan-bulan terakhir kehamilan, kontrol harus lebih intensif dilakukan.

2. Pola makan sehat ibu hamil 
Pola makan sehat untuk ibu hamil dalam porsi kecil tapi sering, sekitar 5 – 6 kali perhari. Pola makan dengan porsi kecil dan lebih sering dapat mengurangi mual dan muntah di pagi hari serta nyeri lambung.

3.Makanan mangandung asam folat dan zat besi
Dapat mencegah cacat tabung saraf dan tulang belakang pada si kecil. Makanan yang mengandung asam folat terdapat pada sereal, beras merah, jeruk, sayuran hijau, kacang-kacangan, brokoli, dan lainnya. 

Selain itu, makanan yang dikonsumsi ibu hamil ada baiknya mengandung banyak zat besi. Zat besi berguna untuk mencegah terjadinya anemia pada saat kehamilan. Anemia berbahaya sekali bagi ibu hamil, dapat menyebabkan terjadinya pendarahan saat saat persalinan.

4. Minum air putih
8 gelas perhari syarat cukup minum air putih. Kecukupan cairan yang masuk akan membantu meningkatkan volume darah yang terjadi selama kehamilan

5. Tetap beraktifitas gerak
Meski hamil, juga dapat melakukan olahraga seperti berjalan kaki dan olahraga renang. Mengambil kelas senam hamil juga bagus, selain manfaatnya bagi ibu dan janin, para calon ibu di kelas tersebut dapat saling berbagi pengalaman dan menambah pengetahuan.

6. Lakukan pemeriksaan USG kehamilan
Tanyakanlah pada dokter mengenai hal ini, kapan sebaiknya perlu dilakukan. Anda dan pasangan  dapat lebih tenang saat melihat hasil periksa yang positif.

1 Komentar

Lebih baru Lebih lama