Perbedaan Gula Merah dengan Gula Pasir dari Segi Kesehatan


gula merah kelapa aren

Pernah terpikir perbedaan gula merah dengan gula pasir,  dua jenis gula manis iniu biasanya memang berbeda dalam penggunaan. Secara umum gula pasir digunakan untuk minuman dan masakan secara umum, sedangkan gula aren untuk jenis-jenis makanan dan minuman tetentu saja.

Satu hal menjadi pertanyaan adalah dari segi kesehatan, faktanya banyak orang semakin takut dengan konsumsi gula karena penyakit diabetes. Kemudian banyak isu  bahwa gula merah justru baik untuk kesehatan, sehingga mengklaim gula pasir yang jahat sebagai sumber penyakit. Mari kita lihat perbedaan antara gula merah/aren dengan gula pasir dari segi  kesehatan.

Gula Pasir / Tebu
  • Rasa: Manis Saja
  • Tidak mengandung Garam Mineral
  • Kandungan Gula TinggiKurang/Tidak Mengandung Nutrisi
  • Kurang mengandung unsur Terapi Kesehatan
  • Dapat memicu batuk demam bila menkomsumsi berlebihan
  • Terkadang gula tebu membuat efek sakit dalam kesehatan
Gula pasir merupakan jenis gula dari tebu yang paling sering digunakan dalam makanan dan minuman sehari-hari seperti yang terdapat pada Kopi dan teh yang selalu menjadi minuman faforit di semua lapisan masyarakat demikian pula pada minuman ringan atau jus, pasti umumnya menggunakan gula pasir.Namun manisnya gula pasir tidak semanis dampak yang ditimbulkannya terhadap kesehatan tubuh, gula pasir mempunyai dampak yang kurang baik bagi kesehatan pankreas dan tubuh, yang perlu kita ketahui bahwa Gula pasir merupakan karbohidrat sederhana yang sulit untuk dicerna dan diubah menjadi energi. 

Gula pasir yang kita konsumsi dapat diubah menjadi gula darah hanya dalam waktu 3 menit namun untuk mengubah gula darah menjadi energi yang dapat disimpan dalam otot, pankreas memerlukan waktu kira-kira 140 menit. Selain itu, Indeks Lelah pankreas mencapai nilai +5. Nilai ini berlalu untuk 1/2 sendok gula atau 1 sendok gula. Dengan demikian, mengolah gula pasir menjadi energi merupakan pekerjaan yang sangat melelahkan bagi pankreas. Pankreas yang normal hanya mampu mengubah 1/2 sendok makan gula pasir menjadi energi setiap hari, Berat 1/2 sendok makan gula pasir kira-kira 5 gram. Bila kita mengkonsumsi lebih dari 1/2 sendok gula, maka sisanya akan menjadi gula darah dan lemak tubuh.  sehingga Akibatnya orang menjadi bertambah gemuk, dan lama-kelamaan akan menderita diabetes. berdasarkan penjelasan di atas kita dapat mengetahui bahwa gula pasir merupakan makanan yang tidak sehat bila dikonsumsi dalam jumlah yang berlebih

Gula Merah/  Aren
  • Rasa: Manis & LezatMengandung Garam MineralKandungan Gula Jauh Lebih Kecil
  • Mengandung Thiamine, Riboflavin,Nicotinic Acid, Ascorbic Acid, Protein & Vitamin C
  • Untuk Terapi Asthma, Kurang darah/Anemia, Lepra/kusta, & untuk mempercepat Pertumbuhan Anak.
  • Bagus untuk mengobati batuk demam
  • Bagus utuk makanan awal bagi orang yang terkena penyakit typhus.
  • Bagus bagi orang yang ingin menurunkan BP, mengurangi panas Pankreas, menguatkan Jantung,
Gula merah ternyata mempunyai efek yang berbeda dengan gula pasir. Untuk mengkonversi gula merah menjadi gula darah di dalam tubuh, dibutuhkan waktu yang relatif sama, yaitu 3 menit. Selanjutnya, untuk mengubah gula darah menjadi energi, juga dibutuhkan waktu yang singkat, yaitu 3 menit juga.Indeks Lelah pankreas dalam menghasilkan insulin untuk mengubah gula darah menjadi energi +0,00005 Ternyata lebih rendah kira-kira 10 x dari gula batu, ini berarti gula merah masih merupakan karbohidrat kompleks yang sehat. Dengan demikian, gula merah termasuk dalam makanan sehat. Pankreas mampu mengkonversi 9 sendok makan gula merah menjadi energi setiap hari atau kira-kira 90 gram.

Dari penjelasan di atas mengenai perbedaan ketiga jenis gula yang seringa kita konsumsi sudah jelas bahwa gula merah adalah gula yang baik untuk dikonsumsi dalam kehidupan sehari-hari karena manfaat dari gula merah ini lebih baik bagi kesehatan tubuh.

Mengapa orang lebih suka memakai gula pasir?
Gula pasir berfungsi 100% untuk pemanis saja tidak memiliki rasa atau aroma lain layaknya gula merah. Sehingga untuk jenis minuman dan makanan akan lebih pas diberi gula pasir karena tidak akan mengganggu rasa. Sealain itu tingkat kemanisan gula pasir jauh lebih manis ketimbang gula merah.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama