Pegertian Google Sandbox dan Cara Mengeceknya



Apa pengertian Google Sandbox, mungkin anda pernah  mendengar istilah sandbox google, biasanya diartikan  indek postingan hilang atau tidak terindek lagi yang sebelumnya sudah terindek si mbah google.

Efek atau bahasa mudah di mengertinya adalah hukuman yang di berikan oleh Google untuk sebuah domain atau URL dari sebuah website/blog. Penjelasan lebih rincinya adalah mengenai suatu nama domain baru terdaftar pada dunia internet dengan perubahan-perubahan yang di lakukan oleh pemiliknya sehingga menjadikan domain itu memiliki peringkat yang tinggi secara drastis atau sangat cepat, hal ini google menganggap ada gejala yang tidak sewajarnya setelah dilakukan pengamatan dengan indikasi-indikasi tertentu bagaimana peringkat halaman web di indeks.

Google melakukan perhitungan dengan algoritma peringkat untuk memperbaiki posisi dari sebuah halaman sebuah web dengan melakukan penyaringan untuk mencegah memiliki dampak yang tidak baik “misal spam”.
Google sanbox ini biasanya berhubungan dengan umur sebuah website/blog dan daya saing kata kunci yang di perebutkan untuk di gunakan dalam link.

Pengertian Google Sandbox
Google Sandbox effect ini mengacu kepada satu set filter dengan tujuan anti-spam yang sering dilakukan oleh pihak-pihak tertentu. Spam link ini biasanya dilakukan karena dorongan untuk mengoptimalkan mesin pencari untuk memanipulasi peringkat dari sebuah halaman web dengan cara membuat banyak inbound link ke situs web baru dari situs web lain yang mereka miliki (backlink).

Sanksi yang di berikan oleh Google untuk yang masuk kedalam Sandbox adalah penurunan secara dramatis peringkat pada SERP dan bisa tidak terindeks oleh google alias deindex. Hal tersebut karena Google sedang menahan web sampai bisa di buktikan kelayakan dari halaman tersebut mendapat peringkat yang baik.

Cara mengecek website terkena Google Sandbox

Cek di google (www.google.com atau www.google.co.id) lalu dengan menambahkan di depan nama domain dengan kata site:domainanda.com tanpa www/http 

misalnya pada mesin pencari google.co.id ketikkan site:mancinginfo.blogspot.com lalu liat hasilnya 

Jikala masih terindeks dan google menampilkan isi halaman dari blog atau website kita berarti tidak terkena Google Sandbox

Untuk mengecek judul posting tambah (judul postingan) apakah masih terindek atau tidak, jika tidak ada posting tersebut bisa terkena sandbox.

1 Komentar

  1. blog saya idak lagi terindek gooogle padahal dulu ada di page one,gimana cara mengembalikannya,,padahal di webmastertools tidak ada yg error setelah aku cek

    BalasHapus
Lebih baru Lebih lama