-

Metode Pembelajaran Matematika


Pelajaran Sekolah Dasar (SD) metode pembelajaran matematika yang identik dengan mata pelajaran yang mudah paling sulit dan menegangkan , sehingga kurang diminati oleh siswa. Guru selalu berupaya untuk mencari cara yang termudah untuk memahami rumus - rumus pengerjaan mata pelajaran Matematika .
  • Pemahaman rumus matematika dengan permainan.
  • Penggunaan alat peraga.
  • Penjumlahan , Pengurangan , Perkalian dan Pembagian harus dipahami benar , terutama dalam soal-soal yang bervariasi di dalam soal cerita.
  • Sering mengadakan diskusi / kerja sama untuk menentukan tahap-tahap penyelesaian soal - soal secara cepat , tepat dan mudah dipahami.
  • Memperkenalkan berbagai macam bentuk bangun geomitri melalui papan berpaku ,sekaligus belajar mempelajari cara mencari Luas dan Volume bangun, mengukur panjang, pendek, berat suatu benda. Siswa dibiasakan untuk bisa menggambar sendiri bentuk bangun - bangun tersebut dan mencoba mengukuratau menimbang berat benda. Mencari Sumbu simetri lipat.
  • Fasilitas ruang kelas juga bisa digunakan sebagai alat peraga yang efisien misalnya : belajar pengubinan.
  • Untuk mengenal pelajaran pembelian , penjualan , laba dan rugi ,sebaiknya melalui kegiatan membuka" Pasar sederhana " di kelas . Siswa dianjurkan membawa uang logam maupun uang kertas , dalam kegiatan tersebut selain kita mengajarkan matematika materi " Uang" sekaligus mengajak siswa belajar sambil bermain, anak terpacu untuk melakukan jual beli. Disamping itu mereka tahu persis berapa nilai nominal masing - masing uang ,sehingga siswa tidak merasa sulit belajar matematika tetapi justru menyenangkan.
  • Pelajaran Matematika bisa diajarkan melalui permainan :
  1. Rumah penjumlahan untuk Kelas I dan II
  2. Rumah Perkalian untuk Kelas III s.d VI.
  3. Teka teki Silang Matematika
  4. Cerdas Cermat
  • Materi Matematika dapat disampaikan melalui Bhs Indonesia maupun Berbahasa Inggris.
  • Kunci keberhasilan belajar Matematika :
  1. Rajin berlatih mengerjakan soal.
  2. Sesering mungkin diadakan mencongak ( menjawab secara cepat dan tepat dalam waktu singkat )
  3. Memberi kesempatan untuk mengikuti lomba Matematika baik diadakan di dalam sekolah maupun di luar sekolah.
  4. Melalui Mental Aritmetika juga bagus karena melatih berpikir secara cepat dan tepat. di Indonesia.




Ditulis Oleh : Alifan Doflamingo ~

Anda sedang membaca artikel berjudul Metode Pembelajaran Matematika yang ditulis oleh Mancing Info yang berisi tentang :Pelajaran Sekolah Dasar (SD) metode pembelajaran matematika yang mudah identik dengan mata pelajaran yang paling sulit Dan Maaf, Anda tidak diperbolehkan mengcopy paste artikel ini.

0 komentar:

Poskan Komentar

Back to top