Perguruan Tinggi Terbaik di Surakarta

Perguruan tinggi terbaik di Solo Surakarta  bagi yang berencana melanjutkan studi atau kuliah di Solo? mungkin selama ini  kampus yang negeri terbaik tentu adalah UNS yang biasanya menjadi PTN pilihan utama khususnya yang berdomisili di daerah karisidenan Surakarta, Jawa Tengah bagian timur, termasuk juga dari luar kota dan luar Jawa. Beberapa Universitas di Solo yang populer di kalangan siswa masih UNS dan UMS. Beberapa  yang lainnya masih ada pilihan STAIN Surakarta, ISI Solo, dan Poltekkes Surakarta yang bisa menjadi pilihan favorit yang tepat untuk melanjutkan studi.

Pilihan Perguruan Tinggi Negeri di Solo 

1. UNS
Universitas Sebelas Maret menjadi satu-satunya Universitas Negri di Solo yang peringkatnya memasuki 10 besar Perguruan Tinggi di Indonesia. Wajar jika lumayan sulit untuk bersaing masuk ke UNS melalui SNMPTN.  UNS hampir memiliki semua jurusan sebagai Universitas, antara lain jurusan FKIP, Kedokteran, Teknik dan IT.

2. UMS
Universitas Muhamadiyah Surakarta adalah universitas swasta terbaik di Surakarta. Saat ini rangking UMS menduduki peringkat 20 besar Universitas di Indonesia.
Kabar miring tentang UMS adalah biayanya yang cukup mahal di beberapa program studi, ini memang benar jika dibanding dengan biaya kuliah di PTN. Tapi di UMS mempunyai biaya kuliah yang berbeda-beda di setiap jurusan.

3. ISI Surakarta
Institut Seni Indonesia Solo dan pusat belajar seni budaya Jawa tengah yang pengaruhnya menyebar luas di sebagian besar wilayah Nusantara. Potensi dan lingkungan budaya yang demikian memungkinkan mendorong perkembangan seni budaya.
Dalam perkembangannya, ISI Solo juga menerapkan perkembanganzaman di era teknologi di seni rupa desain grafis dan visual.

4. Poltekkes Surakarta
POLTEKKES SURAKARTA berada di bawah Kemenkes RI maka institusi ini adalah Negri. Jadi semua biaya pendidikannya mendapat subsidi dari negara. Poltekes menjadi pilihan utama di bidang kesehatan. Tentu saja saingan pendaftaran masuk juga tidak mudah, karena semakin banyak pesaing dan peminat di program studi kesehatan.

6 Program  Jurusan Poltekkes Surakarta :
1. Jurusan Okupasi Terapi (Prodi Okupasi Terapi)
2. Jurusan Fisioterapi (Prodi DIII FT dan DIV FT)
3. Jurusan Terapi Wicara (Prodi TW)
4. Jurusan Ortotik Prostetik (Prodi OP)
5. Jurusan Keperawatan (Prodi DIII, DIV Keperawatan dan DIII Akupuntur)
6. Jurusan Kebidanan (Prodi DIII dan DIV Kebidanan)

5. STAIN Surakarta
Sekolah Tinggi Agama Islam Surakarata adalah perguruan  tinngi negri ke dua di Surakarta setelah UNS. Program pendidikan mengkhususkan progran Agama Islam, FKIP atau umum seperti ekonomi syariah.
STAIN menjadi pilihan alternatif yang baik,  biaya kuliah STAIN relatif murah dengan lulusan yang bisa diandalkan  khususnya di bidang Agama Islam.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama