Review Tentang Film The Dark Knigth Rises

F

Review The Drak Knigth Rises. Film trilogi Batman garapan Cristopher Nolan sebelumnya The Dark Knigth dengan tokoh "Joker" mampu menjadi film terbaik di tahun 2008 dan menjadi salah satu film terbaik sepanjang masa. Kemudian film yang ditunggu-tunggu di tahun 2012 The Dark Knight Rises tayang perdana pada 20 Juli. Film penutup dari Batman Begins dan The Dark Knigth tentu saja akan memberikan kejutan yang tak kalah hebat. Kami mencoba membahas The Dark Knitgt Rises

Christopher Nolan adalah sutradara yang gemar mengeksploitasi psikologi manusia dalam filmnya. Dan Batman pun tidak luput dari siksaan kejiwaan yang sama di TDKR : dimusuhi warga kota, dibuat miskin,  ditinggal pergi pelayan setianya, dan dibuat tak berkutik oleh musuhnya.
Sebagai seri terakhir dari trilogi Batman, skenario TDKR terbilang cerdas karena mampu memberikan sesuatu yang lebih dari sekadar happy ending. Sesuai judul, sang kesatria kegelapan mampu bangkit dan diakui menjadi pahlawan. Batman di akhir film kini menjadi simbol perjuangan, harapan, dan keadilan kota Gotham; tanpa merusak nama Harvey Dent, “pahlawan” Gotham sebelumnya.

Tentu sebelumnya anda telah menonon Batman Begins dan The Dark Knigth

Meski begitu ada beberapa kekecewaan dari film ini.

Joker.
Kita tahu Heath Ledger sudah meninggal dan sosok penjahat berkelas ini mustahil dibangkitkan kembali. Tapi tetap saja agak janggal melihat Gotham aman sentosa selama 8 tahun, bahkan sampai pada tahap ‘tidak lama lagi tugas polisi adalah menangkap warga yang terlambat mengembalikan buku ke perpustakaan’ mengingat di film sebelumnya Joker berhasil lolos dan sudah meraih kekuasaan di dunia bawah tanah kota Gotham.

Bane The Great War.

Bane adalah tokoh antagonis utama di TDKR, topeng unik yang dipasang di  wajahnya mempunyai arti penting dan menjadi terlihat menarik yang tidak dilepas sampai kahir pertunjukan. Pasukan Bane meski jumlahnya tidak banyak, tapi pasukan Bane adalah para tentara bayaran yang sukses meruntuhkan sebuah negara di Afrika. Bane terbiasa melakukan teror ala militer: menghancurkan perekonomian, mengisolir wilayah dengan cara menghancurkan jalur transportasi, dan membungkam para pemimpin sehingga warga tidak tahu harus berbuat apa.

Makanya adegan peperangan polisi vs pasukan Bane adalah salah satu hal yang membuat saya kaget: bagaimana ceritanya polisi yang baru keluar dari dikubur di bawah tanah selama hampir 100 hari bisa menang melawan tentara revolusi + narapidana yang bersenjata lengkap. Mereka bahkan punya banyak batpod untuk melindas para polisi yang berbaris rapat sepanjang jalan.

The League of Shadows.
Ada dendam apa sebenarnya dojo ninja ini dengan kota Gotham? Bahkan setelah gagal menghancurkan kota ini di film pertama, kini anak dari Ra’s al Ghul datang lagi meneruskan jejak ayahnya untuk membumihanguskan Gotham. Tentunya butuh alasan yang sungguh-sangat-amat-kuat-sekali-banget untuk membujuk para tentara bayaran bersedia tewas bareng-bareng dipanggang bom nuklir.

Dan omong-omong bom nuklir, kenapa tidak langsung diledakkan? Toh warganya sudah bangkrut. Kenapa harus menunggu beberapa hari yang berarti memperbesar kesempatan Batman untuk menggagalkannya?

Cat Women Selina Kyle

Anne Hathaway sebagai gadis cantik yang muncul sebagai pencuri ulung yang mencuri berlian dan mobil Bruce Wayne manambah daya tarik cerita. Ternyata dia adalah Selina Kyle "catwomen" yang cukup membingungkan apakah dia manjadi pendukung Batman atau bukan.
TDKR juga menyajikan adegan yang seru. Lalu Anne Hathaway berhasil menjadi ‘pemanis’ dalam film, jauh melampaui karakter  kekasih Bruce Wayne di 2 film sebelumnya.


The Bat Symbol.
Berkobarnya logo Batman di salah satu jembatan Gotham adalah adegan tidak penting di film ini.
Pertanyaannya: siapa yang iseng membuat itu? Bagaimana caranya?

Jawaban terbaik adalah Batman yang membuat karena dia punya motif, alat & kendaraan terbang untuk membuatnya. Tapi, ada bom nuklir yang siap meledak di kota Gotham, sempat-sempatnya Batman membuat prakarya seperti itu.

Tanpa adegan itu, maksud dari bangkitnya harapan kota Gotham terhadap sosok pahlawan saya rasa akan tetap ada. Toh semua polisi yang ikut berperang melihat Batman membantu mereka menghajar para penjahat dengan tangan kosong maupun helikopter tempurnya.

Tapi ajaibnya, bahkan dengan 4 kelemahan itu saya masih menganggap TDKR sebagai film yang keren. Berkali-kali film ini menegaskan tugas pahlawan adalah bukan untuk dihargai, tapi menjadi harapan dan penggerak untuk berani melawan. Oleh karena itu Batman memakai topeng, selain untuk melindungi keselamatan orang yang mereka cintai juga sebagai pengingat bahwa siapa pun bisa menjadi pahlawan.

Terakhir, The Dark Knight Rises menyajikan banyak twist. Mulai dari kisah anak Ra’s al Ghul, Bruce Wayne yang sukses mewujudkan mimpi Alfred, sampai pada penyebutan nama “Robin” yang sukses membuat satu bioskop terhenyak dan sumringah.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama