Menu Sehat untuk Buka Puasa

Menu berbuka berlebihan  yang kurang sehat juga bisa membuat kadar kolesterol melonjak. Untuk menjaga agar tubuh tetap fit dan berstamina selama menjalani puasa mencoba dengan menu sehat untuk buka puasa. Kecendrungan makan berlebihan di bulan puasa, apalagi hidangan di bulan Ramdhan biasanya dibuat lengkap dan istimewa. Padahal, hidangan yang nikmat saja tanpa memenuhi gaya makan yang sehat dan prinsip gizi seimbang bisa membuat puasa jadi berantakan.


1. Kurma
Kurma memiliki kandungan glukosa dan fruktosa, serta kandungan kalium yang sangat tinggi (hampir 64% lebih banyak dari pisang). Tak hanya itu, kurma juga mengandung beta-D-glukan, serat larut yang sangat bagus untuk kesehatan. Bagi Anda yang sedang berdiet, kurma akan meningkatkan perasaan kenyang, sehingga Anda tak perlu khawatir akan makan berlebihan.

2. Madu asli
Madu mengandung banyak phytochemical dan flavonoid yang bagus untuk meningkatkan kesehatan. Tak hanya itu, madu juga bisa menjadi sumber energi dan anti bakteri. Tes oRAC menunjukkan bahwa madu adalah makanan alami yang memiliki kandungan anti oksidan tertinggi di dunia. Mengonsumsi madu 1 - 2 sendok makan setiap hari saat berbuka dan sahur akan menjaga kebugaran Anda selama berpuasa.

3. Ikan
Makan ikan secara teratur akan memberikan efek positif pada kesehatan. Minyak ikan EPA dan DHA terbukti mampu memperbaiki fungsi otak, meningkatkan kesehatan jantung, serta mengurangi peradangan. Beberapa ikan yang baik untuk dikonsumsi adalah ikan salmon, tuna, ikan cod, dan ikan nila.

4. Minuman Manis
Minum yang manis alami tanpa gula. Air kelapa, jus buah melon atau semangka dan buah lainnya. Hindari gula pasir berlebih karena akan menyebabkan efek yoyo pada timbangan nantinya di hari Raya, dan memberi dampak kesehatan yang kurang baik.

5. Makannan sehat
Tentu anda tahu sajian menu sehat untuk keluarga, nasi dengan lauk ayam kampung bakar dan lalapan sayur mentah jalas nikmat dan lezat. Bisa juga sayur dan tempe tahu, oseng jamur dll

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama