Cara Berhenti Merokok Bagi Pecandu

Cara berhenti merokok memang tidak mudah bagi perokok berat. Bahkan informasi dampak buruk dan bahaya bagi kesehatan dari rokok pun, sangat sulit menghentikan kebiasan merokok. Sangaaaatttt banyak tulisan yang membahas tentang bahan-bahan rokok yang berbahaya bagi kesehatan, di bungkusnya pun telah dicantumkan. Tapi apakah mempan? jawabannya adalah "entahlah". Lalu bagaimana cara berhenti merokok bagi pecandu?

Cara-cara untuk berhenti merokok

1. Niat untuk berhenti merokok...! kenapa harus berhenti? anda lebih tahu alasannya
Kasianilah anak-anak anda yang masih kecil, kelak mereka akan merokok juga. Anda tidak pantas melarang dia merokok, jika anda pun melakukannya.

2. Jangan langsung memaksa untuk total tanpa merokok. Cobalah untuk bertahap, jika sehari 10 batang kurangilah menjadi 6 batang, minggu selanjutnya 3 batang dan seterusnya.

3. Jangan beli satu bungkus rokok, belilah rokok eceran, 1 atau 2 batang saja. Ketika mendapati rokok anda habis, pasti ada rasa malas pergi ke warung, turutilah rasa malas itu. Berniat menyuruh anak membelikan rokok, berarti anda mengajari anak untuk merokok.

4. Bagi para perokok, terkadang rasa lapar sering disalah artikan sebagai keinginan untuk merokok. Nah, untuk menghindari hal ini, makanlah secara teratur, tahan jangan merokok setelah makan. 

5. Berapa batang rokok yang sudah anda kurangi dalam sebulan? jika sudah 1/4 jumlah yang anda kurangi, berarti 2 bulan lagi anda sudah mampu untuk tidak merokok.

Untuk berhenti merokok memang harus dimulai darikeyaklinan diri sendiri,  meskipun dengan bantuan paksaan orang lain bisa membantu. Sadar akan kesehatan masa depan dan memulai untuk menghindari rokok adalah jalan terbaik sebagai cara berhenti merokok.

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama